Senin 05 Oct 2020 13:52 WIB

Doa tak Dikabulkan? Jangan Protes Allah

Tuntutlah dirimu sendiri karena terlambat berperilaku baik kepada Allah SWT.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Doa tak Dikabulkan? Jangan Protes Allah
Doa tak Dikabulkan? Jangan Protes Allah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setiap doa yang dihaturkan seorang hamba kepada Allah SWT secara ikhlas sejatinya akan diijabah dalam waktu dan keadaan tertentu. Maka, apabila doa tak dikabulkan, agama melarang seseorang untuk memprotes ketentuan Allah.

Ibnu Athaillah As-Sakandary dalam kitab Al-Hikam menjelaskan, jangan sampai seseorang melakukan protes kepada Allah dan berburuk sangka kepada-Nya apabila doa dan permintaan tak dikabulkan. Dianjurkan juga tidak memaksa Allah untuk menunaikan permintaanmu.

Baca Juga

Ibnu Athaillah berkata: “La tuthallib Rabbuka bita’akhuri mathlabika, walakin thaalib nafsaka bita’akhuri adabika,”. Yang artinya: “Jangan sampai engkau menuntut Tuhanmu hanya karena permintaanmu terlambat dikabulkan, tapi tuntutlah dirimu sendiri karena terlambat berperilaku baik kepada-Nya,”.

Beliau menjelaskan, apabila permintaan seseorang ditunda, maka dianjurkan menuntut diri sendiri atas keterlambatan pengabulan doa. Sebab seorang hamba yang meminta agar disegerakan jawaban doa, merupakan tindakan yang kurang ajar kepada Allah SWT.

Maka, tuntutan agar doanya seseorang itu dapat terkabul merupakan bukti yang bersangkutan hanya berdoa agar doanya dikabulkan. Doa itu hanya tendensi tertentu. Inilah yang mengurangi kesempurnaan ubudiyah seseorang.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement