Senin 05 Oct 2020 12:07 WIB

Google Maps tak Hanya Jadi Navigasi, Ini Fungsi Lainnya!

Ada fungsi 'tersembunyi' dari aplikasi Google Maps yang jarang diketahui.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Nora Azizah
Ada fungsi 'tersembunyi' dari aplikasi Google Maps yang jarang diketahui (Foto: ilustrasi penggunaan aplikasi Google Maps)
Foto: Pexels
Ada fungsi 'tersembunyi' dari aplikasi Google Maps yang jarang diketahui (Foto: ilustrasi penggunaan aplikasi Google Maps)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Google Maps merupakan aplikasi petunjuk arah yang populer. Namun sebenarnya, Google Maps berguna lebih dari sekedar menunjukkan penggunanya pergi dari titik A ke titik B.

Beberapa pembaruan terbaru Google Maps termasuk menambahkan lapisan informasi virus corona, pembayaran parkir, gambar yang lebih baik dan peta trotoar, juga peningkatan berbagi lokasi. Dilansir dari CNET, Senin (5/10), untuk mengungkapkan potensi tersembunyi dari aplikasi Google Maps di ponsel atau tablet, berikut ini caranya.

Baca Juga

Melihat menu, foto dan ulasan pelanggan. Selain alat navigasinya, Google Maps juga merupakan aplikasi ulasan crowdsources lengkap, seperti Yelp atau TripAdvisor, sehingga pengguna bisa mendapatkan ide bagus tentang jenis pilihan yang ditawarkan destinasi yang dipilih, serta harga, presentasi dan apa pengguna harus mengambil pinjaman untuk membelinya.

Fitur ini berguna untuk pengambilan dan pengiriman restoran seperti untuk melihat pratinjau pilihan menu dan harga, belum lagi untuk melihat hidangan dengan baru. Google Maps juga menunjukkan rata-rata restoran bintang lima serta ulasan individu untuk mempertimbangkan keputusan pengguna.

Pada sebagian besar daftar restoran, pengguna akan melihat bilah navigasi di bagian atas Overview, Menu, Reviews dan Photo terdaftar sebagai opsi (pengguna mungkin harus menggulir ke samping untuk melihat semuanya). Tap salah satu dari itu atau cukup gulir ke bawah.

photo
Google Maps - (Geeky Gadgets)

Tautan berlabel Menu seringkali tercantum tepat di bawah jam buka, tetapi terus gulir hingga pengguna melihat judul Popular dishes atau hidangan populer untuk melihat foto makanan. Terus melewati waktu Popular hingga hampir paling bawah untuk menemukan rata-rata restoran bintang lima dan ulasan pengguna.

Pesan meja atau pesan makanan untuk dibawa pulang atau dikirim. Setelah melihat semua opsi restoran, seringkali pengguna tidak perlu keluar dari aplikasi Google Maps untuk melakukan reservasi. Jika pengguna lebih suka makan di rumah, biasanya mereka juga dapat memesan produk atau pengiriman dari dalam aplikasi.

Jika restoran yang dipilih menggunakan layanan pemesanan seperti OpenTable, pengguna akan melihat tab di bawah opsi Menu yang bertuliskan Find a table (cari meja) atau Reserve a table (pesan meja). Pengguna sebenarnya tidak harus masuk ke layanan pemesan untuk membuat reservasi (meskipun jika pengguna mengumpulkan poin bonus atau secara aktif menggunakan layanan tersebut, ia mungkin tetap ingin melakukannya).

Untuk pengiriman, cari opsi berlabel Placed an order (lakukan pemesanan). Sebuah pop up akan memberi pengguna daftar layanan yang tersedia, seperti DoorDash atau Postmates, tetapi pengguna harus masuk untuk menyelesaikan pesanan. Jadi jika pengguna memiliki akun dengan salah satu dari daftar layanan itu, mereka bisa memilih itu.

Menemukan jam operasional, nomor telepon, kode pos dan lainnya. Jam operasional bisnis ditampilkan tepat di bawa alamat. Pengguna dapat mengetuk panah bawah di samping waktu tutup hari ini untuk melihat jam pada hari-hari lain dalam sepekan. Sebagian besar diperbarui dengan jam libur khusus, yang disorot dengan font merah.

Untuk nomor telepon. Tap nomornya lalu, tap pop up yang menampilkan perintah Call diikuti dengan nomor tersebut.

Sedangkan untuk situs web, jika bisnis memiliki situs web, keterangan itu akan dicantumkan di bawah nomor telepon. Tap untuk membuka situs web di tab yang diberdayakan Google Chrome dalam aplikasi Google Maps.

Kode pos. Yang ini kurang umum, tetapi ketika membutuhkannya, masukkan nama jalan dan nomor atau nama bisnis dan tap cari. Di bagian atas daftar di samping alamat jalan, sekarang pengguna akan melihat kode posnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement