Friday, 6 Rabiul Awwal 1442 / 23 October 2020

Friday, 6 Rabiul Awwal 1442 / 23 October 2020

Sejarah Hari Ini: Steve Jobs Tutup Usia

Senin 05 Oct 2020 08:52 WIB

Rep: Fergi Nadira/ Red: Friska Yolandha

Steve Jobs

Steve Jobs

Jobs diperkirakan memiliki kekayaan bersih lebih dari 7 miliar dolar AS.

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA -- Pada 5 Oktober 2011, Steve Jobs, salah satu Apple Inc yang terkenal visioner meninggal dunia. Pendiri yang merevolusi industri komputer, musik, dan komunikasi seluler dengan perangkat seperti Macintosh, iPod, iPhone, dan iPad itu meninggal pada usia 56 tahun karena komplikasi dari kanker pankreas.

Sejarah awal seperti dilansir laman History, Jobs lahir pada 24 Februari 1955, di San Francisco, California. Dia lahir dari mahasiswa pascasarjana yang belum menikah Joanne Schieble dan Abdulfattah Jandali, seorang imigran Suriah. Jobs kemudian diadopsi sebagai bayi oleh Paul Jobs, seorang masinis Silicon Valley, dan istrinya Clara.  

Setelah lulus dari sekolah menengah di Cupertino, California, pada 1972, Jobs bersekolah di Reed College, sebuah sekolah seni liberal di Portland, Oregon, selama satu semester sebelum berhenti. Dia kemudian bekerja sebentar untuk merintis pembuat video game Atari di California, kemudian melakukan perjalanan ke India dan mempelajari Buddhisme Zen.

Pada 1976, Jobs dan teman insinyur komputernya Stephen Wozniak mendirikan Apple Computer di garasi orang tua Jobs di Los Altos, California.  Seperti yang dikomentari Bloomberg News tentang Jobs, “Dia tidak memiliki pelatihan teknis formal dan tidak memiliki pengalaman bisnis yang nyata. Yang dimilikinya adalah apresiasi terhadap keanggunan teknologi dan gagasan bahwa komputer bisa lebih dari sekadar mainan hobi atau pekerja keras perusahaan. Mesin ini bisa menjadi alat yang sangat diperlukan."

Pada 1977, Jobs dan Wozniak meluncurkan Apple II, yang menjadi komputer pribadi populer pertama.  Pada 1980, Apple go public dan Jobs, di usia pertengahan 20-an, menjadi multijutawan. Empat tahun kemudian, Apple meluncurkan Macintosh, salah satu komputer pribadi pertama yang menampilkan antarmuka pengguna grafis, yang memungkinkan orang menavigasi dengan mengarahkan dan mengklik mouse daripada mengetik perintah.

Pada 1985, Jobs keluar dari perusahaan setelah perebutan kekuasaan dengan dewan direksi Apple.  Pada tahun yang sama, ia mendirikan NeXT, bisnis yang mengembangkan komputer berkinerja tinggi. Mesin-mesin itu terbukti terlalu mahal untuk menarik banyak konsumen, namun, ilmuwan komputer Inggris Tim Berners-Lee mengembangkan World Wide Web menggunakan stasiun kerja NeXT.  

photo
Steve Jobs (kiri), John Sculley (tengah), presiden dan CEO Apple, serta Steve Wozniak, salah satu pendiri Apple, memperlihatkan komputer Apple II di San Francisco pada 4 April 1984. - (AP)
Pada 1986, Jobs mengakuisisi studio komputer-grafis kecil yang didirikan oleh pembuat film George Lucas dan menamainya kembali Pixar Animation Studios. Pada 1995, Pixar merilis film pertamanya, Toy Story, film animasi komputer berdurasi panjang yang pertama.

Film ini menjadi sukses besar box-office dan diikuti oleh hit pemenang penghargaan seperti Finding Nemo (2003) dan The Incredibles (2004). Pada 2006, Perusahaan Walt Disney membeli Pixar lebih dari 7 miliar dolar AS sehingga menjadikan Jobs sebagai pemegang saham Disney terbesar.

Pada 1996, Apple, yang gagal tanpa Jobs, mengumumkan akan membeli NeXT dan mempekerjakan Jobs sebagai penasihat. Tahun berikutnya, Jobs menjadi CEO sementara Apple ("sementara" dihentikan pada tahun 2000), dan di bawah kepemimpinannya Apple yang hampir bangkrut berubah menjadi salah satu perusahaan paling berharga di dunia.  

Sebagai seorang yang karismatik, perfeksionis yang menuntut, Jobs dikatakan memiliki kemampuan untuk memahami apa yang diinginkan pelanggan sebelum mereka sendiri menyadarinya. Dengan jeans khasnya dan turtleneck hitam, raksasa teknologi itu mengubah peluncuran produk menjadi acara yang sangat dinantikan.

Apple kemudian memperkenalkan serangkaian perangkat digital inovatif, termasuk pemutar musik portabel iPod pada 2001, iPhone pada 2007, dan komputer tablet iPad pada 2010. Itu semua menjadi bagian dari kehidupan modern sehari-hari. Pada awal 2007, Jobs mengumumkan bahwa Apple yang berbasis di Cupertino mencabut "Komputer" dari julukan resminya untuk mencerminkan fakta bahwa fokus perusahaan telah bergeser dari hanya komputer ke perangkat elektronik seluler.

Terlepas dari serangkaian masalah medis, termasuk operasi pada tahun 2004 untuk mengangkat tumor pankreas dan transplantasi hati tahun 2009, Jobs terus memimpin Apple hingga 24 Agustus 2011, atau ketika ia mengundurkan diri sebagai kepala eksekutif perusahaan. Enam minggu kemudian, dia meninggal di rumahnya di Palo Alto, California.  

Pada saat kematiannya, Jobs, ayah dari empat anak, diperkirakan memiliki kekayaan bersih lebih dari 7 miliar dolar AS. Menurut penulis biografi Walter Isaacson, Jobs adalah eksekutif bisnis terbesar di zaman modern ini, yang paling pasti diingat satu abad dari sekarang. "Sejarah akan menempatkannya di jajaran tepat di sebelah Thomas Edison dan Henry Ford," jata Isaacson.

photo
Foto terakhir Steve Jobs - (oldcatlady.com)

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA