Ahad 04 Oct 2020 23:40 WIB

Menhub Ajak Masyarakat Bersepeda ke Transportasi Publik

Stasiun KRL akan menyediakan tempat parkir sepeda.

Bersepeda (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Bersepeda (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengajak masyarakat memanfaatkan transportasi publik. Ini sekaligus untuk tetap menjaga gaya hidup yang sehat di tengah masa pandemi saat ini, salah satunya dengan bersepeda. 

Menhub mengatakan, sepeda termasuk transportasi yang melengkapi moda transportasi publik kota seperti kereta api. Untuk itu, Menhub menyarankan para komuter pengguna kereta api menggunakan sepeda menuju stasiun kereta api yang tentu lebih sehat dibandingkan naik kendaraan bermotor. 

"Saya anjurkan naik sepeda supaya jangan motorize. Jadi sekaligus olahraga," ucap Budi Karya saat mengampanyekan gaya hidup sehat dengan bersepeda bersama selebritas seperti Nugie dan Wulan Guritno di Stasiun Cisauk, Kabupaten Tangerang, Banten, Ahad (4/10) pagi. 

"Orang kalau mau ke kantor bisa naik sepeda, kalau sepedanya lipat bisa dilipat (saat naik kereta). Begitu sampai Thamrin bisa naik sepeda lagi," kata dia melanjutkan.

Agar pemanfaatan angkutan massal bisa lebih ditingkatkan, Menhub menegaskan, harus tersedia sarana antarmoda, termasuk moda transportasi kereta api dengan sepeda. "Seperti (Stasiun) Cisauk, ini salah satu intermoda yang paling baik," terangnya.

Untuk meningkatkan keselamatan para pesepeda di jalan, Kementerian Perhubungan sendiri sudah mengeluarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 59 Tahun 2020 tentang Keselamatan Pesepeda di Jalan. "Peraturan ini bukannya membuat orang susah, justru melindungi agar orang itu kalau bersepeda baik, terlindungi, aman. Kalau untuk ke pasar tidak usah pakai helm tetapi kalau mau 60 kilo harus pakai helm," kata Menhub. 

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi menambahkan, dengan terbitnya Permenhub Nomor 59 Tahun 2020, Kemenhub mendorong Pemerintah Kabupaten/Kota dan Provinsi untuk segera menyiapkan jalur-jalur bagi pesepeda. "Agar masyarakat nyaman, kalau jalurnya khusus, masyarakat akan mau menggunakan sepeda," ujarnya.

Dia juga meminta kepada para pengelola gedung, kantor, sarana transportasi publik, mall, sekolah, hingga tempat peribadatan untuk menyiapkan tempat parkir untuk sepeda. "Untuk tempat parkir sepeda ini kalau di mall atau di apartemen, jangan ditempatkan di basement yang paling bawah. Yang mudah dijangkau tetapi mudah juga diawasi," kata dia.

Pihak PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) sendiri akan terus memberikan kemudahan bagi para pesepeda yang ingin melanjutkan perjalanannya dengan menggunakan KRL. "Kalau KCI sekarang sudah ada empat stasiun yang sudah terintegrasi dengan moda angkutan lainnya," jelas Wiwik Widayanti Direktur Utama PT KCI. "Seperti di Sudirman sekarang mulai ditempatkan parkir-parkir sepeda," sambungnya.

Wiwik mengungkapkan, nantinya di setiap stasiun KRL akan disediakan tempat parkir untuk sepeda sehingga masyarakat bisa menuju stasiun dengan bersepeda. "Sehingga orang bisa dengan mudah bergerak dari satu tempat ke tempat lain dengan aman, nyaman dan sehat," kata Wiwik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement