Ahad 04 Oct 2020 13:21 WIB

Ketua Senat AS Ungkap Kondisi Trump

Berdasarkan suaranya, presiden Trump dalam kondisi yang baik.

Rep: Lintar Satria/ Red: Christiyaningsih
 Presiden AS Donald Trump keluar dari helikopter Marine One saat tiba di  Walter Reed National Military Medical Center di Bethesda, Maryland, pada Jumat (2/9). Trump akan dirawat selama beberapa hari ke depan setelah positif Covid-19.
Foto: EPA
Presiden AS Donald Trump keluar dari helikopter Marine One saat tiba di Walter Reed National Military Medical Center di Bethesda, Maryland, pada Jumat (2/9). Trump akan dirawat selama beberapa hari ke depan setelah positif Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Ketua Senat Mayoritas Amerika Serikat (AS) Mitch McConnell mengatakan ia sudah berbicara dengan Presiden AS Donald Trump melalui sambungan telepon. Menurut McConnell berdasarkan suaranya presiden dalam kondisi yang baik.

"Baru saja melakukan sambungan telepon dengan Presiden, dia terdengar baik dan mengatakan ia merasa baik," cicit McConnell di media sosial Twitter, Ahad (4/10).

Baca Juga

Trump dinyatakan positif Covid-19 satu bulan sebelum pemungutan suara pemilihan presiden AS digelar. Calon Presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat Joe Biden menyampaikan simpati kepada Trump.

"Kami membicarakan urusan rakyat, memerangi pandemi, mengonfirmasi (pencalonan hakim agung Amy Coney) Barrett, dan memperkuat perekonomian keluarga-keluarga Amerika," tambah McConnell.

Tim medis presiden mengadakan konferensi pers mengenai kondisi kesehatan Trump. Dokter presiden AS Sean Conley mengatakan ia 'sangat senang dengan progres yang Trump lakukan'. "Pagi ini, presiden dalam kondisi yang sangat baik," kata Conley.

Namun Fox News melaporkan salah satu pejabat senior mengatakan pada Jumat (2/10) pagi Trump menunjukkan tanda-tanda peningkatan gejala dari ringan ke buruk. Pejabat itu mengatakan tim medis presiden bergerak cepat.

Mereka memindahkan Trump ke Walter Reed National Military Medical Center. "Dua puluh empat jam lalu ada kekhawatiran mengenai organ vital presiden untuk 12 jam terakhir, tidak ada kekhawatiran sama sekali," kata pejabat tersebut.

Dalam konferensi pers, Conley mengatakan fungsi ginjal, hati, dan jantung presiden dalam keadaan normal. Trump juga tidak memerlukan alat bantu oksigen untuk bernapas dan tidak mengalami kesulitan bernapas atau berjalan.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement