Wednesday, 4 Rabiul Awwal 1442 / 21 October 2020

Wednesday, 4 Rabiul Awwal 1442 / 21 October 2020

Kabau, Limbah Kayu yang Disulap Jadi Rupiah

Ahad 04 Oct 2020 06:25 WIB

Rep: Muhammad Rizki Triyana/ Red: Wisnu Aji Prasetiyo

Pekerja tengah mengolah limbah papan skate menjadi kacamata kayu.

Foto: Muhammad Rizki Triyana/RepublikaTV
EMBED
Kabau atau kacamata berasal dari limbah kayu papan skate yang didaur ulang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Memanfaatkan limbah yang dapat didaur menjadi salah satu upaya kepedulian terhadap lingkungan. Terbukti, di tangan para orang-orang kreatif warga Kramat Jati, Jakarta Timur, limbah yang berasal dari papan skate pun disulap menjadi sebuah kacamata. Tak tangung-tanggung, karya mereka, Andro dan Dito pun terkenal di dalam negeri maupun manca negara.

Andro salah satu pemilik usaha kacamata yang terkenal dengan brand bernama Kabau Indonesia menjelaskan Kabau sendiri sudah berjalan pada tahun 2012. Namun, hasil karyanya tersebut hanya diperlihatkan kepada komunitas dan teman dekatnya saja. Kini, Kabau mulai terkenal di luar negari seperti, Australia, Dubai, Malaysia, Texas dan Jepang.

Perkembangan dunia digital pun diakui Andro sangat membantu usahanya. Masyarakat kini dengan mudah dapat melihat lalu membeli sesuai dengan keinginannya. Oleh karena itu, Kabau memiliki cara sendiri dalam menjaga calon pembeli di ranah tersebut dengan menjaga kepercayaan mereka.

Walau kini pandemi Covid-19 melanda, bukan halangan bagi dirinya untuk berkarya. Terlebih lagi, usaha yang sudah digelutinya bukan mengejar masalah nominal melainkan kepuasan hati yang menganggap nilai ekonomi sebagai hadiah.

Pandemi Covid-19 pun dinilai menjadi pemantik semangat baru jika dikemudian hari mengalami masa sulit yang lebih dari kondisi saat ini. ia pun berpesan kepada anak muda dan umkm lainya bahwasanya semangat lebih penting dalam menghadapi situasi pandemi ketimbang nilai ekonomi.

 

 

Videografer & Video Editor | Muhammad Rizki Triyana

Dapatkan Update Berita Republika

 
 

BERITA LAINNYA