Thursday, 11 Rabiul Akhir 1442 / 26 November 2020

Thursday, 11 Rabiul Akhir 1442 / 26 November 2020

Everton Puncaki Klasemen Liga Inggris Usai Bekap Brighton

Sabtu 03 Oct 2020 23:00 WIB

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Israr Itah

Gelandang serang Everton James Rodriguez (tengah) berselebrasi setelah mencetak gol ke gawang Brighton & Hove Albion dalam pertandingan pekan keempat Liga Primer Inggris, Sabtu (3/10).

Gelandang serang Everton James Rodriguez (tengah) berselebrasi setelah mencetak gol ke gawang Brighton & Hove Albion dalam pertandingan pekan keempat Liga Primer Inggris, Sabtu (3/10).

Foto: EPA-EFE/Jan Kruger
Everton menaklukkan Brighton 4-2 di Goodison Park.

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Everton meneruskan catatan 100 persen di Liga Primer Inggris. Teranyar, Everton melibas Brighton & Hove Albion dengan skor 4-2 pada laga pekan keempat di Goodison Park, Sabtu (3/10). Kemenangan ini untuk sementara mengantarkan the Toffees ke puncak klasemen sementara Liga Primer Inggris dengan nilai 12 dari empat kemenangan.

Everton langsung menekan di menit-menit pertama laga. Tembakan Calvert-Lewin di menit kedua langsung memberi kejutan pada kiper Brighton, Matthew Ryan. 

Formasi 4-3-3 yang diracik Carlo Ancelotti membuat Everton lebih leluasa menguasai sektor sayap. Taktik ini cukup efektif untuk mengatasi pola 3-4-3 milik Brighton yang mengandalkan umpan-umpan pendek di tengah lapangan. 

Baca Juga

Strategi Everton terbukti efektif. Berawal dari umpan silang Sigurdsson dari sayap kiri, Calvert-Lewin berhasil menyambar dengan tandukan terukur ke mulut gawang Brighton. Striker berpaspor Inggris itu kini sudah mencetak enam gol dari empat pertandingan Liga Primer Inggris musim ini. 

Sayangnya, Ancelotti harus menarik keluar Richarlison yang cedera di tengah pertandingan. Alex Iwobi masuk menggantikannya. 

Brighton baru benar-benar memberi perlawanan berarti lewat gol Neal Maupay di menit ke-41. Tembakan kaki kanan jarak dekat tidak mampu dikuasai oleh Pickford. 

Everton masuk ke ruang ganti dengan keunggulan 2-1. Ini setelah Yerry Mina mencetak gol pada menit kedua injury time babak pertama.

Pada babak kedua, Everton tidak butuh waktu lama untuk terus menancapkan tajinya di pertahanan lawan. Baru berjalan tujuh menit, James Rodriguez mencatatkan namanya di papan skor setelah menyelesaikan umpan matang Alex Iwobi.

Gelandang asal Kolombia itu kembali menambah pundi-pundi gol pada menit ke-70. Berawal dari assist Doucure, James yang berada di posisi bebas langsung menyarangkan bola ke dalam gawang. James yang baru direkrut Ancelotti musim ini, sudah membukukan tiga gol plus dua assist dari empat pertandingan Liga Primer Inggris. 

Brighton mencetak gol hiburan pada menit kedua injury time lewat Yves Bissouma. Skor akhir 4-2 bertahan hingga wasit Simon Hooper meniup peluit panjang.

Susunan Pemain

Everton (4-3-3):

Pickford; Coleman (Delph 58'), Keane, Mina, Digne, Doucure, Davies, Sigurdsson, Rodriguez (Walcott 78'), Calvert-Lewin, Richarlison (Iwobi 25').

Brighton (3-4-3):

Ryan; White, Dunk, Webster, March, Alzate (Gross 82'), Bissouma, Lamptey (Veltman 46'), Trossard, Connolly (Lallana 66'), Maupay.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA