Jumat 16 Oct 2020 11:25 WIB

Masjid Terbesar di China

Sejak berabad-abad lalu, Islam sudah masuk ke negeri China.

Foto: republika
Masjid di China (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,  Sejak berabad-abad lalu, Islam sudah masuk ke negeri Tiongkok, China. Sejak saat itu pula Islam mewarnai kehidupan masyarakat di sana. Hingga kini sejumlah peninggalan kekayaan Islam masih bisa disaksikan. Antara lain, berupa masjid-masjid tua yang umurnya sudah ratusan, bahkan ribuan tahun.  Masjid tersebut tersebar di berbagai pelosok Cina.

>Masjid Niujie Beijing

Paling tua dan bersejarah di Beijing, Ibu Kota negara Republik Rakyat Cina (RRC). Usia Masjid Niujie  diperkirakan lebih dari seribu tahun. Masjid terbesar di antara 68 buah masjid di Beijing itu juga menjadi titik awal masuknya Islam di Cina.    

>Masjid Huaisheng

Masjid ini dibangun sekitar abad ke-7 Masehi. Saat itu, Sa’ad bin Abi Waqas berhasil masuk ke China dan menjalin hubungan diplomatik dengan Dinasti Tang yang saat itu berkuasa. Bahkan, Dinasti Tang mempersilakan Sa’ad mendirikan masjid di Huaisheng.  Bangunan utama masjid ini sudah dua  kali dibongkar karena kebakaran dan bencana alam. Yaitu, pada 1350-an dan 1650. 

Masjid Datong

Masjid ini terletak di Provinsi Shanxi. Pembangunannya dilakukan pada masa pemerintahan Dinasti Ming periode Yongle antara 1368 hingga 1644. Hingga saat ini, gedung utama masjid yang merupakan aula untuk tempat sholat masih dipertahankan bentuk aslinya seperti pada zaman Dinasti Ming.

Pengolah: Nashih Nashrullah

Sumber: Harian Republika

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement