Jumat 02 Oct 2020 22:41 WIB

Mesir Berupaya Memanfaatkan Banjir Sungai Nil

Mesir juga berupaya memanfaatkan melimpahnya air banjir untuk memenuhi kebutuhan air.

 Wilayah yang tergenang air Sungai Nil di area al-Kalakla, selatan Khartoum, Sudan, 29 Agustus 2020.
Foto: EPA
Wilayah yang tergenang air Sungai Nil di area al-Kalakla, selatan Khartoum, Sudan, 29 Agustus 2020.

REPUBLIKA.CO.ID,KAIRO -- Banjir yang melanda Sudan pada bulan Juli menewaskan ratusan orang dan menghancurkan ribuan rumah. Hal itu datang sebagai peringatan bagi pemerintah Mesir untuk menganggap serius potensi bahaya banjir.

Dilansir dari Al-Monitor, Jumat (2/10), pada 15 September, Perdana Menteri Mesir Mustafa Madbouly menugaskan pemerintah untuk mengembangkan rencana darurat untuk mengatasi banjir dan kenaikan permukaan air di wilayah Greater Upper Nile di Sudan, dan untuk menyiapkan peta dari daerah yang paling rentan di semua provinsi. 

Juru bicara Kementerian Pengairan Muhammad al-Sibai mengatakan dalam sebuah pernyataan pada 23 September, " Banjir Nil memang telah mencapai Mesir pada 1 Agustus dan diperkirakan akan berlanjut hingga Oktober mendatang dan mungkin November."

Sibai mengatakan bahwa 13 provinsi yang dilalui Sungai Nil telah diperingatkan, menekankan bahwa “beberapa tanaman telah dibuang di daerah alluvium,” sebagai akibat dari banjir. Daerah aluvium Nil adalah tanah berlumpur dan bangunan yang dibangun di tepi Sungai Nil, dan terancam tenggelam akibat permukaan air yang sangat tinggi.

Pada 24 September, Kementerian Pengairan mengumumkan di halaman Facebook-nya, “ Indikator awal menunjukkan bahwa banjir kemungkinan masih akan tinggi dan aliran air pada bulan Agustus dan September kemungkinan besar akan jauh lebih kuat daripada tahun lalu, tetapi masih terlalu dini untuk membuat keputusan akhir tentang jenis dan ukuran banjir tahun ini sebelum September dan Oktober."

Menteri Pengairan Mohamed Abdel-Aty menyerukan untuk terus berupaya menghilangkan semua pelanggaran di saluran air, yaitu aliran Sungai Nil dan cabang Damietta dan Rosetta yang membatasi kemampuan jaringan untuk menyerap kelebihan air dalam keadaan darurat atau banjir.

Dia mencatat, "Komite tertinggi yang ditugaskan untuk menindaklanjuti aliran sungai sedang mengadakan sesi berkelanjutan untuk mengambil tindakan yang diperlukan untuk menangani banjir tahun ini."

Kepala Pusat Prediksi Banjir Kementerian Pengairan, Iman Sayed, mengatakan pada 21 September lalu, peta disiapkan untuk wilayah-wilayah yang akan menyaksikan kenaikan permukaan air di Sungai Nil.

Dia mencatat, "Pemilik peternakan ikan dan petani di daerah ini telah diperingatkan, dan peringatan serta bahaya akan terus berlanjut hingga akhir Oktober."

Terlepas dari persiapan pemerintah untuk menghindari risiko banjir, banjir Nil melanda beberapa desa di Provinsi Beheira, karena permukaan air naik  sangat tinggi dan membanjiri puluhan hektar. Pemerintah Provinsi Beheira memberikan peringatan kepada warga kota yang berada di tepi Sungai Nil agar segera mengungsi untuk mengantisipasi banjir.

Saat ini, Mesir sedang bersiap menghadapi musim banjir, terutama menjelang musim dingin. Gubernur Laut Merah mengumumkan pendirian lima bendungan dan danau di Safaga untuk melindungi penduduk dari banjir. Gubernur Laut Merah menyaksikan banjir dahsyat pada 2016 yang menewaskan puluhan orang.

Selain itu, beberapa kota di provinsi Sinai selatan menyaksikan banjir  selama beberapa hari terakhir, seperti Saint Catherine yang dilanda hujan deras dua kali antara 2 September dan 7 September, saat hujan lebat turun di Gunung Catherine dan Jabal Abbas.

Pekerjaan untuk mengurangi risiko banjir saat ini sedang dalam tahap kedua. Gubernur Sinai selatan mengumumkan pembentukan proyek untuk melindungi dan mendapatkan manfaat dari air banjir, yang diharapkan akan selesai pada tahun 2022, dengan nilai total 1,6 miliar pound Mesir ($ 101 juta). Dari 2014 hingga 2019, 23 bendungan dibangun, termasuk 11 di kota Nuweiba; 229 danau, termasuk 218 di Saint Catherine; tiga waduk di Saint Catherine; tiga bendungan, termasuk satu di Nuweiba dan dua di Taba; dan lima kanal di Taba. Gubernur Sinai Selatan Khaled Fouda mengumumkan bahwa nilai total pekerjaan pencegahan saat ini  mencapai 927,5 juta pound ($ 58,8 juta).

Sibai mengatakan kepada Al-Monitor, “Musim banjir dimulai 1 Agustus dan akan berlanjut selama tiga bulan. Bangunan dan tanaman di tanah alluvium paling berisiko."

Dia berkata, “Pemerintah telah mengambil semua tindakan pencegahan untuk menangani banjir untuk melestarikan kehidupan dan harta benda dan memanfaatkan limpahan air akibat banjir. Ada 13 gubernur yang berbatasan dengan Sungai Nil yang mungkin terpengaruh oleh ketinggian air, dan ada koordinasi dengan gubernur tersebut untuk menindaklanjuti situasi di sana.”

Sibai menambahkan, "Banjir Sungai Nil menjadi pertanda baik bagi Mesir karena ada rencana untuk memanfaatkannya. Pemerintah Mesir dan Kementerian Irigasi dengan penuh minat mengikuti persiapan gubernur untuk melindungi warga.”

Penasihat mantan menteri irigasi Diaa al-Din al-Qousi mengatakan kepada Al-Monitor, "Pemerintah sedang mencoba memanfaatkan tingkat air yang tinggi akibat hujan sambil melindungi warga dan memperingatkan mereka sebelumnya."

Qousi mengesampingkan replika skenario banjir Sudan di Mesir, dengan mengatakan, "Tidak ada risiko banjir karena adanya Bendungan Tinggi, yang menyimpan air di dasar sungai jika terjadi penambahan jumlah air."

Kepala Otoritas Umum Bendungan Tinggi yang berafiliasi dengan Kementerian Pengairan, Hussein Jalal, mengatakan dalam sebuah pernyataan pers 22 September, “Bendungan Tinggi mampu mengatasi banjir, dan otoritas mengumumkan keadaan darurat tertinggi. sesuai dengan arahan menteri irigasi yang memeriksa persiapan dan sistem penanganan banjir yang kami lakukan, dianggap sebagai yang paling sengit.”

Pada 19 September, Abdel-Aty memeriksa sistem  Bendungan Tinggi, Danau El-Qantara, dan Kanal Danau Toshka untuk menentukan kesiapan mereka menghadapi banjir. Qousi menambahkan, “Ada beberapa gubernur, termasuk gubernur Laut Merah, yang sering mengalami banjir, sehingga pemerintah terus giat membangun bendungan di gubernur tersebut.”

Dia menyimpulkan, “Torrents yang melanda beberapa gubernur seperti Sinai selatan dan Laut Merah akan menguntungkan warga - jika dilindungi dari bahaya berikutnya. Banyak bendungan dan danau bisa dibangun. Gubernuran tersebut akan mendapatkan keuntungan dari kelimpahan air tawar pada saat mereka mengalami kekurangan dalam hal ini dan sangat bergantung pada air tanah."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement