Sabtu 03 Oct 2020 00:05 WIB

Makanan Ini Baik Dikonsumsi Saat Diare

Saat diare, makanan yang dikonsumsi tak boleh membuat tinja semakin encer.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nora Azizah
Saat diare, makanan yang dikonsumsi tak boleh membuat tinja semakin encer (Foto: ilustrasi diare)
Foto: fitnesshealthpros.com
Saat diare, makanan yang dikonsumsi tak boleh membuat tinja semakin encer (Foto: ilustrasi diare)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mengalami diare memang mengganggu dan menyakitkan. Selain kita harus mondar-mandir ke toilet, tubuh pun akan lemas karena perut seisinya terkuras bersih.

Saat mengalami diare, pastikan kita tidak memakan makanan yang makin membuat tinja menjadi encer. Berikut dilansir di laman Livestrong, Jumat (2/10), beberapa makanan yang bisa dimasukkan ke dalam pola makan saat mengalami diare.

Baca Juga

Makanan Hambar

Susu rendah lemak, saus apel, kentang, telur, makanan penutup gelatin, dan pasta adalah contoh utama makanan hambar. Makanan ini rendah lemak dan cukup hambar dengan sendirinya. Gunakan sedikit bumbu untuk menambah sedikit rasa.

 

"Tetap dengan makanan yang hambar dapat membantu menenangkan perut. Ini tidak berarti diet pisang, nasi, saus apel, dan roti panggang, dan kenyataannya terkadang diet tersebut. tidak banyak membantu," kata pakar kesehatan usus Amanda Sauceda, RDN, CLT.

Diet pisang, nasi, saus apel, dan roti panggang ini adalah makanan yang biasanya diresepkan untuk sakit perut, termasuk diare.

Sup

"Sup atau kaldu sederhana bisa menjadi bagus saat Anda mengalami diare karena lebih mudah dicerna usus dan membantu Anda tetap terhidrasi," jelas Sauceda.

Namun, Sauceda menekankan, sebaiknya menghindari sup seperti krim brokoli atau krim kerang. Sebab kandungan lemaknya lebih tinggi dapat menambah komplikasi. Beberapa pilihan sup yang baik termasuk Sup Sayuran Sederhana ini atau Sup Ayam.

Makanan Ramah Usus

Inilah bagian yang rumit dan mengganggu. Sebab, apa yang berhasil untuk satu orang mungkin tidak berhasil untuk orang lain.

"Benar-benar tidak ada makanan tertentu yang disukai usus Anda. Usus setiap orang unik, oleh karena itu makanan ramah usus setiap orang itu unik," kata Sauceda.

Namun, makanan kaya probiotik, seperti yogurt dan sauerkraut, adalah beberapa yang terbaik untuk membantu menyehatkan usus Anda.

"Probiotik sering membantu pencernaan. Banyak orang memiliki banyak bakteri jahat di usus mereka, dan probiotik dapat membantu memulihkan bakteri baik," kata ahli usus lain, Maxine Yeung, RD, CPT.

Menurut Sauceda, penting untuk mencari tahu apa makanan ramah usus kita sendiri, terutama jika Anda memiliki masalah pencernaan seperti IBS, bisa sangat ampuh. Buku harian makanan akan menjadi alat nomor satu kita untuk membantu mengungkap kepekaan terhadap makanan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement