Jumat 02 Oct 2020 19:58 WIB

Agus Idwar Luncurkan Lagu Santri Indonesia

Lagu itu diluncurkan menyambut Hari Santri Nasional 22 Oktober

Agus Idwar bersama Pesantren Band meluncurkan lagu berjudul Santri Indonesia.
Foto: Istimewa
Agus Idwar bersama Pesantren Band meluncurkan lagu berjudul Santri Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Penyanyi religi Agus Idwar meluncurkan lagu berjudul Santri Indonesia. Lagu itu ia ciptakan dalam rangka menambut Hari Santri Nasional yang jatuh pada tanggal 22 Oktober.

“Lagu ini juga diperuntukkan bagi santri yang sedang menuntut ilmu di belahan dunia mana pun, untuk tetap menjaga kekompakan dan slalu memberikan manfaat untuk umat dan mengabdi membangun bangsa. Melalui santri kita bangun Indonesia yang bermartabat di mata dunia,” kata Agus Idwar dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Jumat (2/10).

Judul lagunya Santri Indonesia, tapi terus terang yang menyanyikan, kata Guswar, belum pernah nyantri secara formal. Kenapa Guswar  tertarik menggubah lagu tentang santri yang dinyanyikan bersama PesanTrend Band?

Ia mengaku, selama menjadi host di beberapa stasiun televisi swasta nasional dan TVRI, dirinya  banyak bejalar dari para kyai. Guswar yang saat ini menjadi host di program Kiswah (Kajian Islam Ahlussunnah Wal Jamaah) INews bersama Kyai Misbah, dan ikut ngaji setiap Sabtu di Pesantren Cendekia Amanah bersama Kyai Cholil Nafis, jelas  banyak belajar dari para kyai dan dunia pesantren. 

“Sebelum membuat karya lagu Santri Indonesia, saya bersyukur dapat berkhidmat dengan membuat lagu Mars Pesantren Cendekia Amanah.  Hal itu  berangkat dari sebuah hadis yang menyatakan 'diperbolehkan iri terhadap dua hal  yaitu orang berilmu yang mengamalkan ilmunya dan orang kaya yang dermawan’. Setelah menyelesaikan Mars Pesatren, dari sinilah inspirasi lagu Santri Indonesia bergulir,” kata Guswar yang juga  anggota Komisi Seni Budaya Islam MUI Pusat.

Dalam lirik lagu ini,   Guswar ingin menyampaikan pesan utama yaitu, pertama, santri yang hebat adalah santri yang dengan sigap selalu berkhidmat kepada kyainya. “Sikap ini terlihat dari lirik 'kyai memanggil santri menjawab',” tuturnya.

Kedua, santri Indonesia adalah santri yang siap menjawab tantangan dunia,  meningkatkan ekonomi bangsa, dan membangun wisausaha. “Inilah yang menjadi ciri santripreneur,” ujar musisi religi pentolan group SNADA.

Ketiga, semua itu dapat dilalui oleh santri yang sukses dalam ujian kehidupan dan senantiasa berbuat baik kepada orang tua, dan berkhidmat kepada kyai. “Tiga pesan itulah yang saya coba tuangkan dalam lirik lagu Santri Indonesia dalam rangka menyambut Hari Santri Nasional,” papar Agus Idwar, musisi yang belakangan juga sering didapuk untuk berceramah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement