Jumat 02 Oct 2020 19:56 WIB

Jelang Leeds vs City, Pujian Bielsa untuk Guardiola

Leeds akan menjamu City Sabtu (3/10) malam WIB.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Marcelo Bielsa
Foto: EPA-EFE/Oli Scarff
Marcelo Bielsa

REPUBLIKA.CO.ID, LEEDS -- Salah satu tim promosi Liga Primer Inggris musim ini, Leeds United, akan menjamu runner-up Liga Primer Inggris musim lalu, Manchester City, di Stadion Elland Road pada pekan keempat Liga Primer Inggris, Sabtu (3/10) malam WIB. Sorotan utama di laga ini tertuju pada pertemuan dua pelatih kawakan, Marcelo Bielsa dan Pep Guardiola.

Dalam sejumlah kesempatan, Guardiola sempat mengakui, Bielsa merupakan mentor sekaligus inspirasinya dalam dunia kepelatihan. Namun, Bielsa justru merasa bukan sebagai mentor ataupun guru buat pelatih asal Spanyol tersebut. Guardiola, tutur Bielsa, memiliki kemampuan tersendiri yang unik.

Menurut pelatih asal Argentina itu, Guardiola memiliki imajinasi yang begitu tinggi soal bagaimana sepak bola seharusnya dimainkan. Imajinasi ini, kata Bielsa, mampu diwujudkan oleh mantan pelatih Barcelona tersebut. Bielsa pun merujuk saat Guardiola berhasil membawa Barcelona mencapai kesuksesan di berbagai ajang pada 2009 hingga 2011 dengan menerapakan gaya permainan tiki-taka.

''Saya tidak merasa sebagai mentor Guardiola. Jika menyebut pelatih yang memiliki ide yang benar-benar bebas dan independen, maka pelatih tersebut adalah Guardiola. Saya katakan ini, karena tim yang dia latih bermain tidak seperti tim lain, terutama bagaimana dia menemukan solusi dan menerapkanya di dalam permainan. Buat sebagian orang, Barcelona di bawah kendalinya adalah tim terbaik di sepanjang sejarah sepak bola,'' ujar Bielsa seperti dilansir Sky Sports, Jumat (2/10).

Mantan pelatih Athletic Bilbao itu bahkan menyebut, lawatan City di Elland Road akan menjadi laga terbesar buat timnya di pentas Liga Primer Inggris musim ini. Kendati begitu, Bielsa menegaskan, The Whites akan mencoba menampilkan performa terbaiknya. Terlebih, dalam dua laga terakhirnya, Leeds United mampu meraih kemenangan beruntun.

Sebelumnya, Leeds United mampu membungkam Fulham, 4-3, dan Sheffield United, 1-0. ''City adalah salah satu tim terbesar di Liga Primer Inggris, dan laga ini akan menjadi laga terbesar buat kami. Kami akan tampil dengan cara yang sama seperti di laga sebelumnya, karena hanya itu yang kami tahu,'' tutur eks pelatih Marseille tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement