Jumat 02 Oct 2020 18:25 WIB

Sempat Positif, 30 Santri Husnul Khotimah Dinyatakan Sembuh

Santri akan dipulangkan ke daerah masing-masing.

Rep: Lilis Handayani/ Red: Dwi Murdaningsih
Petugas kesehatan melakukan pengambilan sampel tes usap/ SWAB di Pondok Pesantren. Ilustrasi
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Petugas kesehatan melakukan pengambilan sampel tes usap/ SWAB di Pondok Pesantren. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, KUNINGAN -- Sebanyak 30 santri Pondok Pesantren (Ponpes) Husnul Khotimah Kabupaten Kuningan yang sempat dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19, telah dinyatakan sembuh. Mereka pun akan dipulangkan ke daerah masing-masing.

''Alhamdulillah, 30 santri telah sembuh,'' ujar Jubir Ponpes Husnul Khotimah, Ustaz Sanwani, kepada Republika.co.id, Jumat (2/10).

Baca Juga

Sanwani menjelaskan, kepastian mengenai status para santri itu diketahui dari hasil swab kedua terhadap mereka. Hasilnya, mereka dinyatakan negatif Covid-19.

Sanwani menyatakan, para santri yang telah dipastikan negatif itu akan dipulangkan ke daerah masing-masing. Mereka akan dipulangkan secara bertahap bersama para santri lainnya yang tidak terpapar Covid-19.

Seperti diketahui, sebanyak 93 orang di Ponpes Husnul Khotimah Kuningan dinyatakan positif terpapar Covid-19. Sebagian besar di antara mereka adalah santri. Adapula guru dan pegawai ponpes.

Sebelum 30 santri yang kini dinyatakan sembuh, sepuluh santri lainnya juga telah dinyatakan sembuh. Dari sepuluh santri itu, tujuh santri berasal dari gelombang kedua kedatangan santri dan tiga santri dari gelombang ketiga kedatangan santri.

Sejak Selasa (29/9), dilakukan swab massal di lingkungan Ponpes Husnul Khotimah. Jumlah yang di-swab sebanyak 300 orang per hari. Kini bertambah 500 swab per hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement