Friday, 13 Rabiul Awwal 1442 / 30 October 2020

Friday, 13 Rabiul Awwal 1442 / 30 October 2020

Depak Maccabi, Tottenham Tampil ke Fase Grup Liga Europa

Jumat 02 Oct 2020 05:47 WIB

Red: Muhammad Akbar

 Para pemain Tottenham merayakan kemenangan melalui adu penalti melawan Chelsea pada pertandingan babak ke-4 Piala Carabao Inggris antara Tottenham Hotspur dan Chelsea di London, Inggris, 29 September 2020.

Para pemain Tottenham merayakan kemenangan melalui adu penalti melawan Chelsea pada pertandingan babak ke-4 Piala Carabao Inggris antara Tottenham Hotspur dan Chelsea di London, Inggris, 29 September 2020.

Foto: EPA-EFE/Matt Dunham
Spurs akan mendampingi dua wakil Inggris lainnya Arsenal dan Leicester

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON — Tottenham Hotspur mengantungi kemenangan besar 7-2 atas Maccabi Haifa untuk meluncur ke fase grup Liga Europa setelah pertandingan playoff yang dimainkan Jumat (2/10) dini hari WIB.

Berkat hasil itu, Spurs akan mendampingi dua wakil Inggris lainnya Arsenal dan Leicester pada undian grup yang dilakukan Jumat, demikian catatan laman resmi UEFA.

Pada laga yang dimainkan di Stadion Tottenham Hotspur itu tuan rumah membuka kemenangan melalui gol Harry Kane pada menit kedua. Wakil Israel Maccabi lantas mampu menyamakan kedudukan melalui gol Tjaronn Chery pada menit ke-17.

Setelah itu praktis gawang Maccabi menjadi bulan-bulanan tim London. Gol Lucas Moura pada menit ke-21 membawa Spurs kembali memimpin, sebelum Giovani Lo Celso menyumbang dua gol dalam rentang waktu singkat yakni pada menit ke-36 dan 39.

Eksekusi penalti Nikita Rukavyatsa pada menit ke-52 sempat memperkecil ketertinggalan Maccabi menjadi 4-2. Namun Spurs masih belum puas dan kembali membukukan tiga gol tambahan melalui penalti Kane pada menit ke-56, gol Kane pada menit ke-74, dan gol penutup dari penalti Dele Alli pada menit ke-90.

Tim raksasa lainnya AC Milan memerlukan adu penalti untuk dapat melaju ke fase grup. Rossoneri menang adu penalti 9-8 atas klub Portugal Rio Ave, setelah bermain imbang 2-2 selama 120 menit.

Gol pemecah kebuntuan pada laga tersebut dibukukan Alexis Saelemakers untuk Milan pada menit ke-51, sebelum Rio Ave menyamakan kedudukan melalui gol Chico Geraldes pada menit ke-72.

Gelson kemudian membawa Rio Ave berbalik memimpin melalui golnya pada menit ke-91. Sayangnya Rio Ave gagal mempertahankan keunggulan dan harus kemasukan gol penalti Hakan Calhanoglu pada menit ke-120.

Tim pemenang harus ditentukan melalui adu penalti. Dari 11 eksekutor Milan, Lorenzo Colombo, kiper Gianluigi Donnarumma, dan Ismael Bennacer gagal menunaikan tugasnya. Sedangkan di kubu Rio Ave, Nelson Monte, kiper Pawel Kieszek, Francisco Geraldes, dan Aderlan Santos tidak mampu membobol gawang Milan sehingga membuat tim Italia itu berhak melaju ke putaran grup.

Nasib berbeda didapat Wolfsburg yang tidak dapat menemani dua tim Jerman lainnya Bayer Leverkusen dan Hoffenheim untuk mengejar prestasi di Liga Europa. Bertandang ke markas klub Yunani AEK Athens, Die Wolfe dipaksa takluk 1-2.

Admir Mehmedi sempat membawa Wolfsburg unggul melalui golnya pada menit ke-45. Namun mereka gagal mempertahan keunggulan dan justru harus kemasukan gol Andre Simoes pada menit ke-64 dan berbalik tertinggal setelah kemasukan gol Karim Ansarifard pada menit ke-90.

Tim langganan tampil di Eropa asal Swiss Basel juga tidak dapat melanjutkan petualangannya, setelah takluk 1-3 dari wakil Bulgaria CSKA Sofia.

Sebagaimana Wolfsburg, Basel sempat memimpin terlebih dahulu saat eksekusi penalti Arthur Cabral pada menit ke-54 sukses membobol gawang CSKA. Namun pada 13 menit terakhir laga, gawang mereka kemasukan tiga kali.

Tiago Rodrigues menyamakan kedudukan untuk CSKA melalui golnya pada menit ke-72, sebelum ia membawa timnya berbalik unggul pada menit ke-88. Ahmed Ahmedov kemudian memastikan kemenangan timnya melalui golnya pada menit ke-90.

Nasib tim Swiss lainnya Young Boys lebih baik. Menjamu wakil Albania KF Tirana, mereka mampu mendulang kemenangan 3-0 melalui gol-gol Christian Fassnacht pada menit ke-42, dan dua gol dari Jean Pierre Nsame pada menit ke-52 dan 64.

Tim Skotlandia asuhan Steven Gerrard, Rangers, mengikuti jejak musuh bebuyutannya Celtic ke fase grup Liga Europa berkat kemenangan 2-1 atas Galatasaray.

Scott Arfield membawa Rangers unggul melalui golnya pada menit ke-52, sebelum James Tavernier menggandakan keungggulan mereka pada menit ke-59. Klub Turki Galatasaray hanya mampu mencetak satu gol balasan yang dikemas oleh Marcao pada menit ke-87.

Hasil-hasil pertandingan playoff Liga Europa:

Kamis (1/10) sampai Jumat dini hari WIB

Ararat Armenia 1 Red Star Belgrade 2
Dinamo Zagreb 3 Flora Tallinn 1
Malmo 1 Granada 3
Rosenborg 0 PSV Eindhoven 2
Slovan Liberec 1 APOEL Nicosia 0
Sporting Charleroi 1 Lech Poznan2
Hapoel Beer Sheva 1 Viktoria Plzen 0
Dinamo Brest 1 Ludogorets 2
Copenhagen 0 Rijeka 1
FKSarajevo 0 Celtic 1
Legia Warsawa 0 Qarabag 3
Standard Liefe 3 Fehervar 1
Basel 1 CSKA Sofia 3
Dundalk 3 Klaksvik 1
Young Boys 3 KF Tirana 0
AEK Athens 2 Wolfsburg 1
Rangers 2 Galatasaray 1
Rio Ave 2 AC Milan 2 AC Milan menang adu penalti 9-8
Sporting 1 LASK 4
Tottenham Hotspur 7 Maccabi Haifa 2

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA