Monday, 9 Rabiul Awwal 1442 / 26 October 2020

Monday, 9 Rabiul Awwal 1442 / 26 October 2020

Bosowa School Luncurkan Program Magang Profesi 2020

Jumat 02 Oct 2020 05:42 WIB

Red: Irwan Kelana

Bosowa School menggelar Magang Profesi untuk siswa kelas XI dan XII SMA Bosowa Bina Insani Bogor, SMA Bosowa School Makasar, dan SMA Bosowa Al Azhar Cilegon.

Bosowa School menggelar Magang Profesi untuk siswa kelas XI dan XII SMA Bosowa Bina Insani Bogor, SMA Bosowa School Makasar, dan SMA Bosowa Al Azhar Cilegon.

Foto: Dok Bosowa School
Magang Profesi diikuti siswa kelas XI dan XII.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR - Seluruh unit SMA di bawah naungan Bosowa School,  yaitu SMA Bosowa Bina Insani Bogor, SMA Bosowa School Makasar, dan SMA Bosowa Al Azhar Cilegon,  pada term break semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021 menyelenggarakan program Magang Profesi bagi seluruh siswa kelas XI dan XII.

Program ini diselengarakan secara daring dengan aplikasi Zom selama 3 hari berturut-turut yakni tanggal 28, 29, dan 30 September 2020,  pukul 07.30-11.30 WIB.

Hari pertama kegiatan term break diawali dengan serangkaian mata acara upacara pembukaan di antaranya adalah sambutan kepala sekolah. Dalam hal ini Dedi Supriadi, kepala SMA Bosowa Bina Insani Bogor menyampaikan sambutannya sekaligus mewakili dua kepala sekolah lainnya, yakni SMA Bosowa School Makasar dan SMA Bosowa Al Azhar Cilegon.

Dalam kesempatan itu, Dedi menyampaikan bahwa lazimnya kegiatan magang tingkat SLTA hanya dilakukan oleh SMK untuk persiapan memasuki dunia kerja. Namun, seringkali remaja yang duduk dibangku SMA tidak memiliki gambaran utuh tentang profesi yang akan dijalani setelah menamatkan pendidikannya dari perguruan tinggi dan juga karena pemilihan jurusan di perguruan tinggi pun seringkali tidak dibekali dengan pengetahuan mengenai tuntutan dan prospek karir selanjutnya.

“Karena alasan itu, maka Bosowa School menyelenggarakan program Magang Profesi,” kata Dedi Supriyadi dalam rilis yang diterima Republika.co.id. 

Sedianya, kata Dedi,  program Magang Profesi ini akan dilaksanakan secara langsung di lapangan sesuai bidang pilihan profesi siswa masing-masing.  “Namun,  mengingat kondisi pandemi Covid-19 masih berlangsung dan semakin menunjukkan tren meningkat di beberapa tempat, maka kegiatan ini dilaksanakan secara online atau daring,  dengan nama Internship Webinar,” ujarnya.

Dedi menjelaskan,  Magang Profesi bagi siswa kelas XI dan XII  memiliki beberapa  tujuan. Pertama, memberikan kegiatan yang dapat membantu peserta didik mengenali potensi dirinya meliputi kemampuan, minat dan bakat. 

Kedua, menyediakan informasi kepada peserta didik untuk mendapatkan informasi mengenai bidang-bidang karir yang dapat dipilih setelah lulus SMA. Ketiga, menyediakan lingkungan yang kondusif kepada peserta didik untuk mengembangkan potensinya.

Keempat, menyediakan fasilitas yang memadai kepada peserta didik untuk mendapatkan pengalaman belajar yang menyenangkan. “Dan yang kelima adalah memberikan pengalaman kepada peserta didik melihat dan mengamati langsung profesi yang menjadi cita-citanya,” paparnya.

Acara ini dibuka secara resmi oleh Direktur Bosowa School Asrul Hidayat. Ia menguraikan istilah Jepang yang terkenal, Ikigai. Ikigai merupakan terminologi bagaimana memasukkan ide kebahagiaan dalam kehidupan di tengah kerasnya tekanan kehidupan dan pekerjaan. Ikigai adalah buah dari irisan empat komponen passion (irisan antara what yaou love dan what you are good at), profession (irisan antara what you are good at dan what you can be paid for) ,vocation (himpunan what the world needs’ yang melatari tindakan) dan mission.  Keempat komponen tersebut passion,  profession, vocation dan mission beririsan satu sama lain hingga membuahkan Ikigai. 

“Ikigai inilah yang menjadi alasan kalian untuk tetap bangun pagi dan memulai segala sesuatunya. Kalian yang terus produktif untuk menginspirasi banyak orang dengan pemikiran kalian yang mewakili masyarakat dan dituangkan dalam berbagai karya,’ ujar Asrul.

Setelah upacara pembukaan selesai, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi bidang karier psikologi oleh Dra  Darjanti Kalpita Rahajuningrum Psi. Ia adalah  psikolog Klinis di RS Azra Bogor, Psikolog di Pusat Pelayanan Psikologi Performagama, dan  Asessor Kompetensi Perilaku Associate di BKD Pemprov DKI Jakarta dan Pertamina, serta Training and Consulting. 

Setelah break, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi bidang karier komunikasi oleh Dian Putri  SIKom (Communication Officer Bosowa Education)

Hari kedua program Magang Profesi ini diisi dengan pemaparan bidang karier kedokteran oleh dr Arfiani Ika Kusumawati (Program Pendidikan Dokter Spesialis Universitas Indonesia) dan dr  Rastra Sewakottama Putra SpOG (Dokter Spesialis OBGYN di Bogor). Lalu,  disusul pemaparan bidang karir Teknik Sipil dan Perencanaan, Arsitektur, Desain Interior, dan Landscape oleh Lutik Astri  ST, MT (dosen Universitas Jayabaya dan Sekolah Tinggi Penerbangan Aviasi, Managing Director Majalah Trend Living, Partner Arsitek Studio Tuton)

Sementara hari ketiga term break, Rabu 30/09/2020 diisi dengan pemaparan bidang karier bisnis oleh Dwi Kurniawan, S.E (CEO Balifood, CEO dan co-founder Clipss Chips) dan  Ogi Pantarah Suhari (ownwer Rumah Ternak Farm Jatiwangi Jawa Barat)

Adapun seluruh siswa kelas X mengikuti workshop IT bersama Muhammad Eko Syafrudin, ST. Eko menuturkan, “Hasil akhir yang diharapkan adalah siswa dapat membuat link google drive untuk menghimpun tugas masing-masing tiap mata pelajaran agar siswa lebih mudah mengontrol penyelesaian tugasnya. Demikian pula guru mapel akan lebih mudah memeriksa pekerjaan siswa melalui link yang dikirim siswa masing-masing tanpa harus khawatir kehilangan berkas jawaban siswa.”

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA