Jumat 02 Oct 2020 04:20 WIB

Analis Ungkap Tafsir Ilmiah 10 Mimpi Buruk

Mimpi tercekik, jatuh, atau gigi tanggal bisa ditafsirkan dengan pendekatan ilmiah.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Mimpi buruk terkadang bisa membuat orang sampai terjaga, bersimbah keringat, dan ketakutan. (Ilustrasi)
Foto: Wihdan Hidayat/Republika
Mimpi buruk terkadang bisa membuat orang sampai terjaga, bersimbah keringat, dan ketakutan. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hampir semua orang pernah bermimpi, entah teringat jelas ataupun samar-samar. Mimpi tersebut tidak selalu menyenangkan.

Ada juga bunga tidur yang buruk atau terasa mengganggu sampai seseorang terbangun dari tidurnya, bersimbah keringat, dan ketakutan. Analis mimpi internasional Jane Teresa Anderson mengatakan, mimpi adalah sesuatu yang simbolik.

Baca Juga

Menurut Anderson, penting untuk tidak mengabaikan mimpi. Sebaiknya, orang mencoba mengerti maknanya.

Hanya saja, seseorang tidak bisa begitu saja membuka kamus mimpi, karena mimpi sangat unik dan personal bagi masing-masing orang. Dengan latar belakang saintis, Anderson pun mencoba menyibak tafsir mimpi.

"Ada beberapa teknik yang bisa dipelajari untuk menafsirkan mimpi maupun mimpi buruk," kata Anderson.

Berikut penafsiran Anderson mengenai makna 10 mimpi buruk yang sering dialami, dikutip dari laman The Sun.

1. Mati atau sakit

Ketika mimpi ini datang, jangan terjebak pada adegan kematian dalam mimpi. Sebaliknya, fokus untuk memahami ketakutan dan perasaan terhadap kematian. Bisa jadi pula, itu adalah simbol untuk matinya perilaku lama di keseharian.

2. Bencana alam

Mimpi bencana alam mengindikasikan seseorang khawatir terhadap sesuatu yang terjadi di masa depan. Mungkin juga berhubungan dengan ketidakmampuan mengatasi banjir emosional dan mental atau peningkatan drastis tuntutan hidup.

3. Tercekik

Secara umum, mimpi buruk ini simbol bahwa seseorang merasa dibatasi secara fisik, mental, emosional, atau spiritual. Bisa juga terkungkung oleh perhatian seseorang atau situasi hidup yang jadi pertanda tidak punya cukup ruang pribadi.

4. Jatuh

Ingat-ingat dari mana posisi jatuh dalam mimpi. Setiap versi jatuh punya interpretasi masing-masing yang perlu direnungkan. Misalnya, jatuh dari tepi tebing berkaitan dengan sesuatu yang sudah dilepaskan dalam hidup.

Jika jatuh karena tanah runtuh di bawah kaki, mungkin ada perubahan besar sedang terjadi. Jatuh juga dapat menjadi simbol hilangnya tujuan, depresi, atau pertanda sudah saatnya menjatuhkan kepercayaan terhadap sesuatu.

 

5. Telanjang di depan umum

Meski memalukan, mimpi ini bisa menjadi pertanda sesuatu yang lebih dalam. Seseorang kemungkinan belum merasa nyaman dengan dirinya sendiri, takut dilihat apa adanya, atau sedang bergumul dengan persoalan harga diri.

 

6. Mobil di luar kendali

Mimpi naik mobil tak terkendali kemungkinan mewakili jalan hidup yang menuju arah yang salah atau bergerak lebih cepat dari yang seharusnya. Pahami bagian mana dalam hidup yang dirasa di luar kendali atau ditakutkan berada di luar kendali.

7. Dikejar-kejar

Orang yang bermimpi demikian biasanya sedang takut menghadapi konfrontasi dan ingin lari dari masalah. Saran Anderson, renungkan masalah apa yang sedang dihindari, kemudian berbaliklah untuk menghadapi dan menyelesaikannya.

 

8. Tidak bisa bergerak

Ini terkadang terjadi ketika pikiran seseorang mulai bangun tetapi tubuh tertinggal dalam mode bermimpi. Bisa juga menjadi simbol bahwa seseorang dibatasi dalam hidup, atau merasa lumpuh secara emosional dan mental.

9. Gigi tanggal

Menurut Anderson, mimpi ini bisa jadi simbol kerentanan atau kurangnya kepercayaan diri. Bisa pula mewakili kecemasan tentang penuaan atau takut kehilangan sesuatu atau seseorang yang penting untuk kelangsungan hidup serta kondisi emosionalnya.

10. Tidak menemukan toilet

Mimpi ini bisa jadi merupakan cara tubuh memberi tahu untuk bangun dan segera ke kamar mandi. Tetapi, bisa juga berarti seseorang sedang berjuang untuk melepaskan suatu beban atau hal privasi yang mengekang secara emosional.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement