Kamis 01 Oct 2020 22:38 WIB

Memesona, Ini 10 Aktris yang Pernah Perankan Putri Diana

Film berjudul Diana yang diperankan Naomi Watts mendapat ulasan buruk.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Aktris Naomi Watts ketika memerankan Putri Diana dalam film <em>Diana.</em>.
Foto: Entertainment One.
Aktris Naomi Watts ketika memerankan Putri Diana dalam film Diana..

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Sosok Putri Diana dikenal dengan kecantikan dan keanggunan tersendiri di keluarga kerajaan Inggris. Matanya yang biru, rambut tipis, senyum yang cerah, sampai fesyen Diana kerap menjadi trendsetter. Sang putri juga identik dengan kontroversi sehingga kerap menjadi sorotan dunia.

Banyak produksi film dan acara yang mengangkat cerita dan sosok kontroversi sang putri. Teranyar, aktris Emma Corrin, akan memainkan peran ikonik dalam musim empat serial "The Crown", yang akan dirilis Netflix pada November 2020.

Berikut deretan pemeran yang pernah berakting sebagai Diana sejak 1982, seperti dilansir di laman Insider, Kamis (1/10):

1. Caroline Bliss (1982)

 

Hanya 14 bulan setelah pernikahan kerajaan Inggris, stasiun televisi ABC merilis Charles & Diana: A Royal Love Story yang menceritakan kembali secara dramatis pernikahan Pangeran Charles dan Putri Diana di Katedral St Paul di London. "Aktris Caroline Bliss memainkan peran Diana dengan akurasi yang masuk akal," menurut The New York Times pada 1982.

2. Catherine Oxenberg (1982)

Hanya beberapa pekan setelah film dari ABC, stasiun televisi CBS merilis film serupa berjudul, The Royal Romance of Charles and Diana yang juga menceritakan pernikahan kerajaan. "Film CBS, sayangnya, membuatnya menjadi Pollyanna atau Cinderella - peri lugu yang manis yang dianugerahi beberapa keinginan penting oleh ibu peri," tulis The Washington Post pada 1982 tentang penggambaran Diana.

3. Nicola Formby (1992)

CBS menayangkan The Women of Windsor pada tahun 1992 untuk menceritakan kisah Putri Diana dan Sarah Ferguson, Duchess of York, yang keduanya menikah dengan keluarga kerajaan. Dalam film TV ini, Formby berperan sebagai Diana, yang disebut Variety sebagai karakter flat keseluruhan.

"The Women of Windsor adalah pengulangan pernikahan Putri Wales dan Duchess of York yang tampan tapi tidak menarik," tulis Patricia O'Connell dari Variety pada 1992.

4. Serena Scott Thomas (1993)

Berdasarkan novel laris karya Andrew Morton, adaptasi film NBC dimaksudkan untuk melihat ke dalam hubungan pasangan kerajaan yang keras kepala dan tidak stabil. Pada 1983, Entertainment Weekly memberikan nilai B+ dan menjelaskan bahwa sutradara mampu membuat film yang tampak berkelas dari kelas atas Inggris. Publikasi tersebut juga menulis bahwa Scott Thomas memerankan Diana dengan pesona yang luar biasa tetapi tidak menyerupai "putri".

5. Julie Cox (1996)

Film CBS berjudul Princess in Love yang dibintangi Julie Cox turut menceritakan kisah perselingkuhan sang putri. Film CBS mencatat perselingkuhan Diana dengan mantan instruktur berkuda. Cox berperan sebagai putri setelah menandatangani proyek hanya beberapa hari sebelum pembuatan film dimulai.

6. Amy Seccombe (1998)

Setahun setelah Putri Diana meninggal, muncul film Diana: A Tribute to The People's Princess, dibintangi Amy Seccombe sebagai pemeran utama. Film memamerkan tahun terakhir kehidupan Diana, menyoroti hubungannya dengan Dodi Fayed sekaligus dengan kedua anaknya, menurut Radio Times. Puncak film tersebut adalah kecelakaan mobil yang menewaskan Diana pada 1997.

7. Genevieve O'Reilly (2006)

TLC membuat film dokumenter dramatis pada 2007 tentang hari-hari terakhir Diana. Aktris Genevieve O'Reilly memerankan sang putri dalam serangkaian pemeragaan ulang. Film berjudul Diana: Last Days of a Princess disebut sebagai dokudrama yang menggabungkan wawancara kehidupan nyata dengan orang-orang yang dekat dengan Diana sampai menjelang kecelakaan mobil.

8. Naomi Watts (2013)

Naomi Watts berperan sebagai bangsawan dalam film Diana yang berkonsentrasi pada hubungannya dengan Hasnat Khan. Diana yang tayang perdana di bioskop pada 2013 mendapat ulasan buruk. Film tersebut mendapatkan skor Rotten Tomatoes 8 persen, tetapi New York Times mengatakan kinerja Watts adalah salah satu bagian terbaik.

"Ditopang oleh penampilan simpatik Watts, hal itu memanusiakan wanita di balik senyum, rambut, dan mitos," tulis publikasi tersebut pada 2013.

9. Bonnie Soper (2018)

Aktris Bonnie Soper memerankan Putri Diana dalam dua film garapan Lifetime yakni Harry & Meghan: A Royal Romance dan Harry & Meghan: Becoming Royal. Film Harry & Meghan: A Royal Romance ditayangkan perdana di Lifetime pada 2018 dan mengikuti hubungan baru Meghan Markle-Pangeran Harry.

Sementara film Harry & Meghan: Becoming Royal memulai debutnya pada 2019 dan mengikuti tahun pertama pernikahan pasangan tersebut. Meski aktor yang memerankan Harry dan Meghan berganti film, Soper memerankan Putri Diana dalam adegan flashback di kedua film tersebut.

10. Emma Corrin

Emma Corrin akan memerankan Putri Diana muda pada musim keempat Netflix berjudul "The Crown". Serial "The Crown" menceritakan kehidupan Ratu Elizabeth setiap dekade, namun aman menyelami alur cerita Charles dan Diana pada musim keempat mendatang. Corrin akan memainkan peran kerajaan yang sedang berkembang bersama Josh O'Connor, yang berperan sebagai Pangeran Charles.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement