Kamis 01 Oct 2020 22:22 WIB

Leeds Vs City, Pertemuan Fan dan Idola

Pep Guardiola dengan idolanya, Marcelo Bielsa bertemu dalam laga liga Inggris.

Rep: Muhammad Ikhwanudin/ Red: Agung Sasongko
 Marcelo Bielsa
Foto: EPA-EFE/TONY MCDONOUGH
Marcelo Bielsa

REPUBLIKA.CO.ID,  LEEDS -- Manchester City akan bertandang ke Elland Road untuk menghadapi Leeds United, Sabtu (3/10) malam WIB. Pertandingan ini pun dinilai menjadi pertemuan antara seorang penggemar, Pep Guardiola dengan idolanya, Marcelo Bielsa. 

Keduanya akan bertemu pertama kalinya dalam pertandingan resmi di sepak bola Inggris. Alhasil, pertandingan nanti bukan sebuah momen yang biasa bagi Guardiola. 

Baca Juga

Dalam laporan talkSPORT, Guardiola mendambakan sosok Bielsa. Saat masih berseragam AS Roma, Guardiola sering bertanya pada Gabriel Batistuta cara Bielsa melatih di timnas Argentina. 

Batistuta pun menyarankan Guardiola untuk menyontoh cara melatih ala Bielsa. Tak main-main, Guardiola langsung berangkat ke Meksiko demi bertemu dengan Bielsa yang sedang melatih Dorados de Sinaloa, 2006 lalu. 

Dalam buku 'The Quality of Madness' karya Tim Rich, Guardiola dan Bielsa berbicara banyak tentang taktik dan segala sesuatu tentang kepelatihan sepakbola. 

Guardiola yang sudah melatih Barcelona akhirnya kembali bertemu Bielsa saat melatih Almeria pada November 2010 silam. Blaugrana keluar sebagai pemenang dengan skor 8-0. Bielsa pun dipecat keesokan harinya. 

Keduanya kembali bersua saat Bielsa menangani Athletic Bilbao. Meski pernah mengalahkan Bielsa dengan skor menakjubkan, Guardiola tetap menaruh hormat pada pelatih asal Argentina tersebut. 

Pemain Bayern Muenchen sekaligus eks penggawa Bilbao, Javi Martinez mengungkapkan bahwa Guardiola sering menanyakan cara melatih Bielsa saat menjadi juru taktik Bilbao."Saat saya dilatih Pep (di Bayern Muenchen), dia serang menghampiri saya dan bertanya tentang Bielsa," kata Martinez. 

"Dia ingin tahu cara Bielsa melatih dan menangani ppemain. Pep mengidolakan Bielsa. Bielsa mengidolakan Pep," ujarnya. 

Saat Leeds United lolos ke Liga Primer Inggris musim ini, Guardiola langsung melemparkan pujian untuk Bielsa karena membawa tim ke level teratas setelah 16 tahun berkompetisi di divisi kedua. 

"Dia melakukan pekerjaan yang menakjubkan. Dia adalah sosok unik dalam sepakbola karena caranya spesial. Saya banyak belajar dari gayanya. Dia adalah orang yang hebat," kata Guardiola.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement