Friday, 13 Rabiul Awwal 1442 / 30 October 2020

Friday, 13 Rabiul Awwal 1442 / 30 October 2020

Daftar Makanan yang Bisa Bantu Sehatkan Gigi

Kamis 01 Oct 2020 20:19 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti

Menyikat gigi (Ilustrasi)

Menyikat gigi (Ilustrasi)

Foto: Rocketnews24
Apel, wortel, dan seledri mampu mengurangi bakteri penyebab gigi berlubang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mengonsumsi banyak buah dan sayuran dapat membersihkan dan menghilangkan lapisan ekstra plak di sekitar gigi sehingga menjaga keseluruhan mulut juga tetap sehat. Dilansir di laman Pinkvilla, seorang dokter gigi, dr Tanvir Singh, B.D.S., M.D.S. (Ortho) mengatakan buah bisa menjadi 'sikat gigi' alami yang membantu membersihkan plak dan karang gigi dari gigi.

Dia mencontohkan buah apel dan sayuran renyah seperti wortel dan seledri juga mampu mengurangi bakteri penyebab gigi berlubang. "Itu juga bisa meningkatkan aliran air liur sebagai gantinya menjaga rongga mulut tetap bersih dan sehat," kata dia.

Ada beberapa makanan yang juga disarankan untuk dikonsumsi, yakni:

Vitamin C

Buah dan sayuran yang mengandung vitamin C, seperti jeruk, lemon, mint, mentimun, ketumbar, nanas, dan pir, sangat bagus untuk kesehatan gigi. Vitamin C adalah salah satu faktor kunci dalam kesehatan periodontal dan menjaga gigi tetap kuat. Ini juga membantu meningkatkan kekebalan tubuh, yang pada gilirannya membantu melawan infeksi di rongga mulut.

Beri

Dr Tanvir menjelaskan, jenis beri mengandung enzim asam malat, yang dapat mendukung kesehatan bagi gigi. Gosok stroberi langsung ke gigi, atau buat pasta dan oleskan pada gigi.

Teh hijau atau hitam

Teh hijau adalah salah satu minuman sehat, tidak hanya untuk menurunkan berat badan, tetapi ternyata teh hijau juga bagus untuk gigi. Dr Tanvir mengatakan teh hijau dan hitam mengandung polifenol yang berinteraksi dengan bakteri plak. Kandungannya dapat membunuh atau menahan bakteri agar tidak menyerang gigi.

Santi Sopia

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA