Wednesday, 11 Rabiul Awwal 1442 / 28 October 2020

Wednesday, 11 Rabiul Awwal 1442 / 28 October 2020

Hindari Kebiasaan Ini Demi Kesehatan Gigi dan Mulut

Kamis 01 Oct 2020 19:53 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti

Ada beberapa kebiasaan yang perlu dihindari demi kesehatan gigi dan mulut. (ilustrasi).

Ada beberapa kebiasaan yang perlu dihindari demi kesehatan gigi dan mulut. (ilustrasi).

Foto: Pxfuel
Sebaiknya Anda mulai mengurangi makanan lengket dan soda.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sering, seseorang tidak menyadari betapa berbahayanya makanan tak sehat untuk gigi dan mulut. Sangat penting untuk mengonsumsi makanan yang tepat demi menjaga kesehatan secara keseluruhan mulut, termasuk kesehatan gigi dan gusi.

Dr Tanvir Singh, B.D.S., M.D.S. (Ortho) mengatakan tubuh adalah mesin yang kompleks sehingga makanan yang dimakan berdampak langsung pada kesehatan. Sangat penting untuk mengonsumsi vitamin dan mineral yang tepat, baik dalam bentuk diet maupun suplemen untuk menjaga kesehatan mulut.

"Makanan yang dikonsumsi harus tidak lengket dan tidak bertepung," kata Singh, dilansir di laman Pinkvilla, Kamis (1/10).

Tanvir menyarankan Anda tidak mengemil di antara waktu makan. Aktivitas tersebut dapat menguntungkan atau merugikan kesehatan, bergantung pada camilan yang dipilih. Meskipun sering mengonsumi makanan dalam porsi kecil merupakan ide yang bagus, namun penting juga untuk memilih camilan dengan bijak.

Kurangi pula makanan lengket seperti keripik dan produk keju. Makanan jenis itu dapat menempel di gigi dan menyebabkan masalah kesehatan mulut. Itu diubah menjadi gula dan menempel di antara gigi sehingga menyebabkan berlubang.

Anda juga harus mengurangi konsumsi permen dan cokelat. Sebab, makanan yang sarat dengan gula dapat menyebabkan karies dan kerusakan gigi.

Dia mengatakan, minum soda sepanjang hari bisa membuat gigi kotor. Soda dalam segala bentuk mengikis enamel dan menyebabkan retakan gigi serta kebocoran mikro. Minuman berkarbonasi juga menyebabkan mulut kering yang selanjutnya menyebabkan karies.


BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA