Tuesday, 3 Rabiul Awwal 1442 / 20 October 2020

Tuesday, 3 Rabiul Awwal 1442 / 20 October 2020

Dua Hotel Isolasi Pasien Covid-19 di Jakarta Sudah Penuh

Kamis 01 Oct 2020 18:36 WIB

Rep: Flori Sidebang/ Red: Indira Rezkisari

Petugas medis berjaga di Hotel U Stay yang disiapkan untuk pasien Covid-19 berstatus orang tanpa gejala untuk diisolasi di kawasan Mangga Besar, Jakarta, Senin (28/9). Sebagian pasien tanpa gejala mulai diisolasi di hotel untuk mengantisipasi daya tampung RS Darurat Wisma Atlet yang padat. Sebanyak 5 lantai di hotel tersebut disediakan ruangan khusus untuk pasien tanpa gejala. Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia  (PHRI) DKI Jakarta Krisnadi mengatakan sebanyak 4.116 kamar dari 30 hotel di DKI Jakarta disiapkan menjadi tempat isolasi pasien covid-19 berstatus orang tanpa gejala. Republika/Thoudy Badai

Petugas medis berjaga di Hotel U Stay yang disiapkan untuk pasien Covid-19 berstatus orang tanpa gejala untuk diisolasi di kawasan Mangga Besar, Jakarta, Senin (28/9). Sebagian pasien tanpa gejala mulai diisolasi di hotel untuk mengantisipasi daya tampung RS Darurat Wisma Atlet yang padat. Sebanyak 5 lantai di hotel tersebut disediakan ruangan khusus untuk pasien tanpa gejala. Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DKI Jakarta Krisnadi mengatakan sebanyak 4.116 kamar dari 30 hotel di DKI Jakarta disiapkan menjadi tempat isolasi pasien covid-19 berstatus orang tanpa gejala. Republika/Thoudy Badai

Foto: Republika/Thoudy Badai
Hotel isolasi Covid-19 padahal baru beroperasi sejak Ahad (27/9).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dua hotel di Jakarta, yaitu Ibis Style di Mangga Dua, Jakarta Utara, dan U Stay Hotel di Mangga Besar, Jakarta Barat, dioperasikan sebagai tempat isolasi mandiri pasien Covid-19. Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Fify Mulyani, mengatakan kedua hotel itu telah terisi penuh.

"Untuk (hotel) 1 dan 2 sudah penuh," kata Fify saat dikonfirmasi, Kamis (1/10).

Meski demikian, Fify tidak menjelaskan secara rinci berapa jumlah pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri di kedua hotel tersebut.

Layanan isolasi mandiri bagi pasien Covid-19 di kedua hotel itu mulai dilakukan sejak Ahad (27/9). Pemerintah pusat akan menanggung biaya isolasi mandiri di kedua hotel tersebut.

Hotel Ibis Style diketahui mampu menampung 212 pasien yang berasal dari Jakarta Pusat, Jakarta Utara, dan Jakarta Timur. Sedangkan, Hotel U Stay mampu menampung 140 pasien dari Jakarta Barat dan Jakarta Selatan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti menyampaikan, saat ini pemerintah telah membuka satu hotel lainnya yang berfungai sebagai lokasi isolasi mandiri pasien Covid-19 di wilayah Senen, Jakarta Pusat. Sehingga jumlah hotel yang digunakan menjadi tempat isolasi mandiri sebanyak tiga hotel.

"Ada tiga hotel di DKI yang sudah siap, pertama Ibis (Style) di Mangga Dua, U Stay hotel, dan satu lagi di Ibis yang di Senen. Jadi sementara tiga hotel," kata Widyastuti dalam siaran yang diunggah melalui akun Youtube BNPB Indonesia, Kamis (1/10).

Menurut Widyastuti, Pemprov DKI masih akan terus menambah hotel untuk membuka layanan isolasi mandiri pasien Covid-19. "Tentu ke depannya akan terus menerus bertambah sehingga semakin banyak sinergi antara (pemerintah) pusat dan daerah dalam rangka menyiapkan tempat tempat isolasi bagi pasien (Covid-19) tanpa gejala," jelas Widyastuti.


BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA