Kamis 01 Oct 2020 18:08 WIB

Pesawat Garuda Aja Pakai Masker, Kok Kamu Enggak?

Livery masker pesawat Garuda dalam rangka mendukung gerakan Ayo Pakai Masker.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Friska Yolandha
Pesawat Garuda Indonesia A330-900neo
Foto: Humas Garuda Indonesia
Pesawat Garuda Indonesia A330-900neo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Maskapai nasional Garuda Indonesia resmi meluncurkan livery khusus yang menampilkan visual masker pada bagian depan hidung pesawat Airbus A330-900 Neo di Hanggar 2 GMF AeroAsia, Kamis (1/10). Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, peluncuran livery masker pesawat tersebut merupakan bagian dari dari dukungan terhadap program edukasi pemerintah melalui gerakan 'Ayo Pakai Masker'.

“Menjadi kebanggaan tersendiri bagi kami menjadi maskapai penerbangan nasional pertama di Indonesia yang menampilkan livery khusus pesawat dengan masker,” kata Irfan dalam pernyataan tertulisnya, Kamis (1/10). 

Baca Juga

Irfan mengatakan, total pesawat yang akan menggunakan livery bermasker tersebut sebanyak lima armada yang akan melayani rute penerbangan domestik maupun rute penerbangan internasional. Termasuk juga destinasi penerbangan Singapura dan Jepang. 

Irfan memastikan Garuda Indonesia berkomitmen terus mendukung berbagai upaya yang dilaksanakan pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19. Salah satunya dilakukan melalui kampanye gerakan 'Ayo Pakai Masker'.

photo
Pesawat Garuda Indonesia A330-900neo - (Humas Garuda Indonesia)

"Hal ini juga sejalan dengan komitmen dan keseriusan kami dalam mengedepankan aspek keselamatan dan kenyamanan para penumpang di masa adaptasi kebiasaan baru,khususnya dalam memastikan bahwa seluruh protokol kesehatan terimplementasikan secara optimal dan konsisten pada semua lini operasional penerbangan,” ungkap Irfan. 

Dia mengatakan, Garuda Indonesia sangat menyadari, upaya pencegahan penyebaran pandemi Covid-19 memerlukan dukungan penuh dan peran aktif berbagai pihak. Irfan berharap dengan upaya yang m dilakukan tersebut dapat turut meningkatkan kesadaran masyarakat akan penerapan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari, khususnya melalui penggunaan masker. 

Selain penggunaan masker, Irfan menegaskan, Garuda Indonesia secara konsisten juga terus memastikan protokol kesehatan berjalan optimal. Hal tersebut juga dilakukan di seluruh lini operasional penerbangan. 

Untuk mengoptimalkan kampanye penggunaan masker tersebut, Irfan menutudkan Garuda Indonesia menyelenggarakan kompetisi desain livery masker pesawat bertajuk 'Fly Your Design Through The Sky' yang dilaksanakan sepanjang Oktober 2020. “Melalui gelaran kompetisi tersebut, Garuda Indonesia turut memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menampilkan hasil kreativitas dan desain livery masker pesawat melalui platform media sosial yang nantinya desain masker terbaik akan dipilih untuk dapat digunakan Garuda Indonesia pada pesawat lainnya,” jelas Irfan. 

Sementara itu, Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Erick Thohir mengapresiasi inisiatif yang dijalankan Garuda Indonesia tersebut. “Apresiasi setinggi-tingginya dari Komite kepada Garuda Indonesia yang ikut berperan aktif mensosialisasikan penggunaan masker dengan cara yang unik,” kata Erick. 

Erick juga menyambut positif pesawat tersebut juga digunakan untuk penerbangan luar negeri. Erick menilai, hal tersebutsangat baik agar masyarakat dunia juga tahu, bahwa Indonesia menomor satukan penanganan kesehatan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement