Kamis 01 Oct 2020 17:04 WIB

Wiku: Jaga Jarak Turunkan 85 Persen Risiko Penularan Covid

Pelaksanaan protokol kesehatan efektif jika dilakukan secara kolektif dan konsisten.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Agus Yulianto
Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito
Foto: ANTARA/Akbar Nugroho Gumay
Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyampaikan, pelaksanaan sejumlah protokol kesehatan secara ketat menjadi kunci utama menurunkan risiko penularan covid-19. Berdasarkan hasil penelitian jurnal internasional, dengan menjaga jarak minimal satu meter bisa menurunkan risiko penularan hingga 85 persen.

Sedangkan, mencuci tangan dengan sabun bisa menurunkan risiko penularan sebanyak 35 persen, memakai masker kain menurunkan risiko penularan 45 persen, dan mengenakan masker bedah menurunkan risiko penularan hingga 70 persen.

“Jadi ini adalah angka yang cukup besar untuk menurunkan angka penularan,” ujar Wiku saat konferensi pers di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (1/10).

Karena itu, dia mengingatkan, masyarakat agar bersama-sama memutus mata rantai penularan covid dengan disiplin menjalankan protokol kesehatan ini. Pelaksanaan protokol kesehatan akan efektif jika dilakukan secara kolektif dan konsisten.

 

“Jadi tidak bisa sendiri. Maka dari itu dibutuhkan kerja sama dari seluruh masyarakat dengan saling mengingatkan untuk mematuhi protokol kesehatan,” kata dia.

Berdasarkan data dari Satgas, penambahan angka kasus harian covid pada hari ini mencapai sebanyak 4.174 kasus. Sehingga, total akumulatif jumlah kasus covid secara nasional telah mencapai 291.182.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement