Saturday, 14 Rabiul Awwal 1442 / 31 October 2020

Saturday, 14 Rabiul Awwal 1442 / 31 October 2020

PAN Yakin Sedikit Kadernya yang Gabung Partai Ummat

Kamis 01 Oct 2020 15:01 WIB

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Indira Rezkisari

 Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Viva Yoga Mauladi, mengucapkan selamat atas dideklarasikannya Partai Ummat.

Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Viva Yoga Mauladi, mengucapkan selamat atas dideklarasikannya Partai Ummat.

Foto: Republika/Iman Firmansyah
PAN yakini kadernya miliki rasionalitas politik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Viva Yoga Mauladi, mengucapkan selamat atas dideklarasikannya Partai Ummat, besutan Amien Rais. Namun, ia yakin tak banyak kadernya yang akan bergabung dengan partai baru tersebut.

Ia meyakini kader dan pengurus PAN memiliki rasionalitas politik dan berakal sehat. Sebab, menjadi anggota legislatif dan eksekutif melalui kontestasi politik tidaklah mudah.

“Non-signifikan (yang bergabung Partai Ummat), tidak bedol desa. Apalagi sampai saat ini tidak ada satupun anggota legislatif, di DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota, maupun kader di lembaga eksekutif yang menyatakan keluar dari PAN dan bergabung di Partai Ummat,” ujar Viva saat dihubungi, Kamis (1/10).

Selain itu, sistem kepartaian dan menghadapi pemilu membutuhkan sumber daya yang kuat. Ditambah adanya sejumlah persyaratan berdirinya partai politik baru.

“Ada persyaratan partai politik baru dapat mengikuti kontestasi pemilu sebagai peserta, dan ada persyaratan partai politik peserta pemilu lolos parliamentary threshold (PT) agar dapat meraih kursi di DPR RI, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/ kota,” ujar Viva.

Dengan adanya pengumuman ini, mantan Amien juga secara resmi dan legal telah keluar dari PAN. “Pak Amien Rais telah keluar dan meninggalkan PAN. Pak Amien sebagai salah satu pendiri dan mantan Ketua Umum PAN 2000-2005 sudah tidak lagi menjadi bagian dari keluarga besar PAN,” ujar Viva.

Diketahui, mantan Ketua MPR Amien Rais resmi mengumumkan nama partai politik barunya, yakni Partai Ummat. Ia mengatakan, partai barunya itu bertekad untuk melawan kezaliman yang dilakukan oleh negara dan menegakkan keadilan.

“Partai Ummat Insya Allah bertekad akan bekerja dan berjuang bersama anak bangsa lainnya melawan kezaliman dan menegakkan keadilan,” ujar Amien dalam video yang diunggahnya di Youtube, Kamis (1/10).

Ia mengatakan, partainya akan bekerja dan berjuang dengan memegang teguh Pancasila, UUD 1945. “ Dan aturan demokrasi universal, yang akhirnya iyyaka na’bud wa iyyaaka nasta’iin. Hanya kepada Allah kami menyembah dan hanya kepada-Nya pula kami memohon pertolongan,” ujar Amien.


BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA