Friday, 13 Rabiul Awwal 1442 / 30 October 2020

Friday, 13 Rabiul Awwal 1442 / 30 October 2020

Amien Rais: Partai Ummat akan Lawan Kezaliman

Kamis 01 Oct 2020 13:27 WIB

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Bayu Hermawan

Tangkapan layar video mantan Ketua MPR Amien Rais yang mengumumkan nama partai barunya, yakni Partai Ummat, Kamis (1/10).

Tangkapan layar video mantan Ketua MPR Amien Rais yang mengumumkan nama partai barunya, yakni Partai Ummat, Kamis (1/10).

Foto: Tangkapan layar
Amien Rais mengatakan Partai Ummat akan lawan kezaliman dan tegakkan keadilan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan Ketua MPR Amien Rais resmi mengumumkan nama partai politik barunya, yakni Partai Ummat. Ia mengatakan, partai barunya itu bertekad untuk melawan kezaliman yang dilakukan oleh negara dan menegakkan keadilan.

"Partai Ummat, Insya Allah bertekad akan bekerja dan berjuang bersama anak bangsa lainnya melawan kezaliman dan menegakkan keadilan," ujarnya dalam video yang diunggahnya di Youtube, Kamis (1/10).

Amien menjelaskan, dalam sejarah manusia menunjukkan bahwa hanya negara yang mampu melakukan kezaliman secara kolosal. Sebaliknya, negara pula yang dapat menegakkan keadilan secara merata.

Baca Juga

Sebab, negara memiliki sarana dan kekuasaan yang paling besar untuk melakukan kedua hal tersebut. Tetapi, saat ini Amien menilai negara dapat melancarkan kezaliman politik, ekonomi, sosial, hukum, dan kemanusiaan.

"Semua tergantung pada pemerintah yang sedang berkuasa, apakah sedang membela kepentingan rakyat dan umat. Atau sebaliknya sedang membela kepentingan konglomerat dan korporatokrat," katanya.

Pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) itu mengatakan, pada akhirnya umatlah yang perlu bergerak untuk melawan kezaliman. Berikhtiar untuk menegakkan keadilan secara sistematik lewat perjuangan politik.

"Partai Ummat akan bekerja dan berjuang memegang teguh Pancasila, UUD 1945, dan semua aturan demokrasi universal. Akhirnya, iyyaka na’bud wa iyyaaka nasta’iin, hanya kepada Allah kami menyembah dan hanya kepada-Nya pula kami memohon pertolongan," ujar Amien.

Loyalis Amien, Agung Mozin mengungkapkan, hari ini Amien hanya akan mengumumkan nama Partai Ummat. Untuk logo dan susunan kepengurusannya akan diumumkan di kemudian hari. "Setelah pengumuman (hari ini), logo dan pengurus kemudian," ujar Agung. 

Lewat Partai Ummat ini, ia yakin banyak kader PAN yang akan ikut bergabung. Sebab, di partai berlambang matahari itu banyak kader yang mendukung sosok Amien.

"Cukup banyak yang menjadi pendukung Pak Amien dan nanti saatnya mereka akan meninggalkan partai itu," ujar mantan Ketua DPP PAN itu.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA