Saturday, 14 Rabiul Awwal 1442 / 31 October 2020

Saturday, 14 Rabiul Awwal 1442 / 31 October 2020

PT PP Rampungkan Pembangunan Tol Manado-Bitung

Kamis 01 Oct 2020 01:25 WIB

Rep: Novita Intan / Red: Satria K Yudha

Gerbang tol Manado-Bitung tampak dari Manado, Sulawesi Utara.

Gerbang tol Manado-Bitung tampak dari Manado, Sulawesi Utara.

Foto: ADWIT B PRAMONO/ANTARA FOTO
Keberadaan tol Manado-Bitung diharapkan dapat mendorong potensi ekonomi daerah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- PT PP (Persero) Tbk telah menyelesaikan pembangunan proyek Jalan Tol Manado-Bitung ruas Manado-Danowudu sepanjang 26 kilometer. Tol Manado-Bitung merupakan jalan tol pertama yang dimiliki Provinsi Sulawesi Utara.  

Direktur Utama PP Novel Arsyad mengatakan, proyek pembangunan jalan tol ini memiliki nilai kontrak sebesar Rp 3,16 triliun untuk pekerjaan seksi II. Proyek Jalan Tol Manado-Bitung Seksi II memiliki masa pelaksanaan selama 969 hari. Jalan tol ini dimiliki PT Jasamarga Manado Bitung dengan komposisi kepemilikan PT Jasa Marga (Persero) Tbk sebesar 65 persen, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk sebesar 20 persen, dan PP sebesar 15 persen. 

"Ke depannya Jalan Tol Manado-Bitung akan memiliki total lintasan sepanjang 40 kilometer," kata Novel, Rabu (30/9). 

Ia mengatakan, keberadaan jalan tol ini dapat memangkas waktu tempuh perjalanan. Menurut dia, perjalanan dari Manado ke Bitung ataupun sebaliknya yang tadinya ditempuh dengan waktu 1,5 jam perjalanan, bisa menjadi hanya setengah jam perjalanan. Keberadaan jalan tol juga diharapkan dapat mendorong potensi ekonomi daerah, antara lain perikanan, pertanian, perkebunan, pariwisata, dan sebagainya. 

"Diharapkan juga dengan adanya jalan tol ini akan menurunkan biaya logistik serta mendukung pengembangan kawasan industri dan destinasi wisata di Sulawesi Utara. Selain itu, keberadaan jalan tol ini diharapkan dapat meningkatkan konektivitas wilayah-wilayah sekitar,” ucapnya.

Peresmian pengoperasian Jalan Tol Manado-Bitung ruas Manado-Danowudu dilakukan secara virtual dari Istana Negara di Bogor, Jawa Barat oleh Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Sekretariat Negara Pratikno dan Menteri BUMN Erick Thohir. Sedangkan acara peresmian Jalan Tol Manado-Bitung Ruas Manado-Danowudu dipusatkan di gerbang Tol Manado diwakili oleh Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono. 

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyampaikan rasa syukurnya atas rampungnya pembangunan Jalan Tol Manado-Bitung Ruas Manado-Danowudu.  “Sekarang sudah bisa dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan usaha dan memudahkan transportasi masyarakat. Nanti jika seluruh ruas ini sudah selesai, panjangnya mencapai 40 Km. Gerbang tolnya (GT Manado) hanya 9 Km atau sekitar 12 menit dari Bandara Sam Ratulangi. Jadi, sangat dekat," kata Jokowi.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA