Rabu 30 Sep 2020 23:26 WIB

Pascabanjir, Relawan Bantu Normalisasi Sungai Cicatih

Banjir bandang Sungai Cicatih pada Senin (21/9) menyebabkan sejumlah material hanyut

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Dwi Murdaningsih
Relawan dari Pabrik Aqua Mekarsari dan Babakan Pari Sukabumu membersihkan tumpukan sampah yang menutupi sungai Cicatih pasca banjir bandang di Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi.
Foto: istimewa
Relawan dari Pabrik Aqua Mekarsari dan Babakan Pari Sukabumu membersihkan tumpukan sampah yang menutupi sungai Cicatih pasca banjir bandang di Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Beragam upaya dilakukan untuk menormalisasi Sungai Cicatih pascabanjir bandang yang melanda tiga kecamatan di utara Kabupaten Sukabumi. Langkah tersebut dilakukan dengan mengerahkan sejumlah petugas dan relawan peduli.

Sebelumnya, banjir bandang Sungai Cicatih menyebabkan sejumlah material hanyut dan telah memenuhi dan menutupi aliran sungai pada Senin (21/9). Salah satu pihak yang peduli adalah Danone-Aqua yang bekerjasama dengan Muspika Cicurug melakukan kegiatan normalisasi sungai dan badan sungai Cicatih.

Baca Juga

Danone-Aqua menurunkan satu unit eskavator dan 40 relawan Pabrik Aqua Mekarsari dan Babakan Pari ke sungai Cicatih untuk membersihkan material lumpur dan sampah-sampah lainnya. '' Pekerjaan yang dimulai sejak 28 September 2020 ini diperkirakan akan berlangsung sekitar dua minggu,'' ujar Arif Mujahidin, Corporate Communications Danone Indonesia, Rabu (30/9).

Kegiatan normalisasi sungai ini adalah untuk mengatasi dampak banjir bandang dan menormalkan aliran air sungai Cicatih. Harapannya supaya ke depannya dapat meminimalkan dampak risiko terjadinya kembali musibah banjir.

Arif mengatakan, inisiatif Danone-Aqua membantu menormalkan aliran sungai Cicatih adalah bagian dari upaya perusahaan ikut membantu berbagai pihak dalam mengatasi dampak banjir bandang di Sukabumi secara menyeluruh. Normalisasi sungai Cicatih ini dilaksanakan Danone-Aqua bekerja sama dengan Muspika Kecamatan Cicurug di bawah koordinator Kapolsek Cicurug Kompol Simin A Wibowo.

"Untuk mengatasi dampak banjir bandang di Sukabumi diperlukan kepedulian dan upaya bersama,'' kata Kapolsek Cicurug Kompol Simin A Wibowo. Kerjasama dengan Danone-Aqua ini merupakan upaya penanggulangan yang tepat sasaran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement