Saturday, 7 Rabiul Awwal 1442 / 24 October 2020

Saturday, 7 Rabiul Awwal 1442 / 24 October 2020

5 Karya yang Menginspirasi Sutradara Film Joker

Rabu 30 Sep 2020 21:55 WIB

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti

Film Joker.

Film Joker.

Foto: Warner Bros via AP
Salah satu film yang berpengaruh besar yaitu The King of Comedy.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Film Joker yang disutradarai Todd Phillips memenangkan beberapa penghargaan. Rupanya, sang sutradara terinspirasi dari banyak film.

Meskipun tayang pada 2019, ada nuansa-nuansa zaman dulu pada film itu. Lantas, apa saja judul spesifik yang mempengaruhi film tersebut? Berikut daftarnya seperti dilansir di laman Screen Rant, Rabu (30/9).

1. The King of Comedy (1982)

Film The King of Comedy mungkin menjadi salah satu pengaruh terbesar film Joker. Film ini diarahkan oleh Martin Scorcese dan dibintangi oleh Robert DeNiro sebagai Rupert Pupkin. Kolaborasi itu menceritakan komedi gelap seperti Joker (dalam beberapa hal), tetapi kemiripan sebenarnya muncul pada plotnya.

The King of Comedy bercerita tentang Rupert yang menculik pembawa acara talk show favoritnya. Rupert bahkan memiliki khayalan menjadi figur publik, membayangkan dirinya menjadi teman baik pembawa acara favoritnya. Sementara Joker kebalikannya, ketika dia menjadi publik figur dan bertemu pembawa acara favoritnya, justru dia menggila.

2. Taxi Driver (1976)

Taxi Driver adalah film garapan Scorcese lainnya. Film ini menceritakan seorang pria bernama Travis Bickle. Travis melihat dunia dalam gambaran kerusakan versi dia, gambaran penuh kerusakan moral dan memandang dirinya telah melakukan sesuatu yang baik, meskipun dia menjadi kejam dan terlalu ikut campur dalam hal-hal yang seharusnya tidak perlu dia urusi. Akhirnya, semua dia lakukan hanya untuk dianggap sebagai pahlawan oleh masyarakat. Hampir serupa kan?

3. Batman: The Dark Knight Returns Parts 1 & 2 (2012 & 2013)

Film Batman: The Dark Knight Returns adalah film yang diadaptasi dari novel The Dark Knight Returns milik Frank Miller. Dalam novel yang terkenal itu adalah pertama kali kita melihat Batman yang dilucuti dan mulai menua. Tapi yang lebih penting di situ adalah karakterisasi Joker.

4. Serpico (1973)

Yang satu ini lebih masuk akal jika kita mempertimbangkannya dari sudut pandang gaya karena plotnya tidak seketika mirip seperti yang diharapkan. Serpico adalah studi karakter yang mendalam tentang bagian tertentu dari kehidupan subjeknya, Frank Serpico. Frank didasarkan pada seseorang yang nyata, dan dengan demikian, ceritanya bisa jauh lebih membumi daripada sesuatu yang tiba-tiba muncul.

Phillips menyatakan, ketika dia hendak membuat karakter Joker, dia memberi tahu para eksekutif bahwa dia akan melakukan studi karakter tahun 1970-an seperti Serpico.

5. The Man Who Laughs (1928)

The Man Who Laughs bukan hanya menjadi inspirasi bagi Joaquin Phoenix (pemeran Joker), tetapi juga inspirasinya ketika dia memerankan Joker. Film ini adalah inspirasi desain maupun kepribadian Joker.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA