Rabu 30 Sep 2020 22:00 WIB

Johan Cruyff Sosok Berpengaruh dalam Karir Bergkamp

Menurut Bergkamp, sepakbola tidak melulu soal teknis.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Agung Sasongko
Patung Dennis Bergkamp
Foto: Twitter
Patung Dennis Bergkamp

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM -- Legenda Arsenal, Dennis Bergkamp menyebut nama Johan Cruyff sebagai sosok yang menanamkan ketangguhan dalam dirinya. Usai pensiun, Berkamp ingin mengikuti jejak Cruyff menjadi pelatih. 

 

Baca Juga

Ia memulai karir kepelatihannya bersama Ajax Amsterdam. Ia sempat berhenti pada 2017 namun saat ini Bergkamp sedang mencari peluang memulai kembali melatih tim. Dia berharap bisa meniru metode Cruyff sebagai mentornya.

"Cruyff banyak menuntut saya, dia menguatkan saya dan Sekarang saya pikir itu penting bahwa saya mengajarkan pelajaran yang sama," kata Bergkamp dalam wawancara dengan BBC dilansir dari Marca, Rabu (30/9).

Menurut Bergkamp, sepakbola tidak melulu soal teknis. Namun, ada sisi taktis, fisik, dan mental.  "Maka dari itu jika ingin menjadi pemain profesional hal tersebut harus dimiliki agar menjadi pemain di level tinggi," katanya.

Ketika masih remaja, Cruyff mengirim Bergkamp ke tim yang lebih rendah dari Ajax sebagai cara agar lebih tertantang. “Dia biasa menempatkan saya pada posisi yang membatasi cara saya bermain, ketika ada pelanggaran dia akan menempatkan saya di luar tembok,” ujarnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement