Rabu 30 Sep 2020 21:17 WIB

Kondisi Ini Buat Perempuan Hamil Rentan Terinfeksi Corona

Perempuan hamil harus menjaga asupan gizi dan rajin bergerak.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi Ibu Hamil.
Foto: Pixabay
Ilustrasi Ibu Hamil.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hamil dan memiliki keturunan tenru jadi hal yang didambakan pasangan suami istri. Kendati demikian, perempuan yang hamil saat pandemi virus corona SARS-CoV2 (Covid-19) dan tidak menjaga asupan gizi untuk tubuhnya dan kurang berolahraga ternyata lebih rentan terinfeksi virus ini.

Dokter spesialis kandungan dari Rumah Sakit (RS) Pondok Indah Jakarta Muhammad Fadli menjelaskan, fase hamil dibagi tiga trisemester. Pada tri semester pertama, dia melanjutkan, perempuan akan mengalami banyak keluhan dan tubuh akan beradaptasi terhadap kenaikan pada hormon, kemudian merasakan malas bergerak, mual, muntah, hingga asupan gizinya kurang, dan ditambah kurang bergerak.

Baca Juga

Padahal, di fase ini tubuh terbebani karena metabolisme meningkat, beban jantung juga bertambah. "Memang kondisi ini memungkinkan perempuan hamil lebih rentan terinfeksi virus," katanya saat mengisi konferensi virtual BNPB bertema Para Pahlawan Kesehatan di Pusaran Pandemi, Rabu (30/9).

Dia mengatakan ada beberapa penelitian yang menyebutkan virus ini bisa masuk ke darah plasenta ke janin. Kendati demikian, ia menyebutkan ini masih dalam proses penelitian.

"Yang jelas selama hamil di tri semester 1,2, 3 pastikan asupan gizi cukup, kemudian ibunya berolahraga cukup untuk meningkatkan imunitas, mendapatkan paparan matahari yang cukup, vitamin D juga harus kuat. Sehingga virus itu akan kalah dengan daya tahan tubuh yang baik," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement