Tuesday, 18 Rajab 1442 / 02 March 2021

Tuesday, 18 Rajab 1442 / 02 March 2021

Kain Endek Bali Warnai Koleksi Baru Christian Dior

Rabu 30 Sep 2020 18:13 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah / Red: Nora Azizah

Kain endek Bali dalam koleksi terbaru Dior di Paris Fashion Week 2020.

Kain endek Bali dalam koleksi terbaru Dior di Paris Fashion Week 2020.

Foto: dok. KBRI Paris
Kain 'endek' Bali koleksi Christian Dior tampil di Paris Fashion Week 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Kain Endek Bali menjadi bahan pilihan Christian Dior untuk koleksi Spring/Summer 2021. Koleksi itu di peragakan dalam Paris Fashion Week (PFW) pada 29 September 2020 di Jardin de Tuileries, Paris.

Dubes RI untuk Prancis Arrmanatha Nasir turut menyaksikan Pagelaran Busana Christian Dior tersebut. Pada kesempatan itu, dia mengatakan bahwa penggunaan kain Endek Bali untuk koleksi Spring/Summer 2021 oleh Christian Dior merupakan pengakuan yang tinggi terhadap keindahan dan kualitas kain Endek Bali, serta berkontribusi positif terhadap dunia fashion internasional. 

"Semoga ini menjadi penyemangat bagi masyarakat di Bali ditengah tantangan Covid-19," kata Arrmanatha dalam keterangan tertulis kepada republika.co.id, Rabu (30/9).

Baca Juga

Artistic Director Christian Dior Couture, Maria Grazua Chiuri tidak hanya menggunakan kain Endek Bali untuk koleksi baju namun juga pada koleksi tas Christian Dior untuk Spring/Summer 2021. Dari sekitar 86 desain koleksi terbaru Christian Dior ada sekitar 9 motif kain Endek Bali yang digunakan dalam koleksi terbaru Christian Dior. 

Menurut Maria, Christian Dior terinspirasi menggunakan kain Endek Bali lantaran ingin mengangkat nilai dari kebudayaan serta craftsmanship terutama oleh para penenun perempuan. Berdasarkan riset yang dilakukan oleh tim Christian Dior, kain Endek Bali memuat nilai kebudayaan yang sejalan dengan hasil karya yang ingin diangkat oleh Christian Dior. 

Sebagai bentuk recognisi kepada para penenun di Bali, Christian Dior juga berencana untuk mencantumkan daerah asal kain Endek tersebut pada label baju atau pakaian nantinya.

"Christian Dior sangat mengapresiasi kepada Pemerintah Indonesia atas dukungannya untuk penggunaaan kain Endek sebagai bagian dari koleksi terbaru kami," kata Maria.

Kordinasi dan kerja sama antara KBRI Paris dan Christian Dior dilakukan secara erat untuk memastikan penggunaan kain Endek itu sesuai dengan aturan budaya dan adat Bali. Pemerintah Provinsi Bali memberikan dukungan penggunaan kain Endek Bali dan meminta Christian Dior untuk sepenuhnya menghormati HAKI kain Endek dan kain Endek yang digunakan harus asli diproduksi di Bali. 

"Kami memberikan apresiasi yang tinggi atas dukungan dan gerak cepat tim Percepatan Pemulihan Ekonomi Kemlu dan Gubernur Bali beserta timnya, sehingga Christian Dior mendapat dukungan penuh untuk menggunakan kain Endek Bali untuk koleksinya," tutur Arrmanatha.

Pelaksanaan Paris Fashion Week tahun ini dilakukan dalam skala lebih terbatas. Selain memperketat protokol kesehatan, jumlah undangan untuk fashion show juga lebih terbatas. Paris Fashion Week yang berlangsung dari tanggal 28 September hingga 6 Oktober 2020.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA