Rabu 30 Sep 2020 16:44 WIB

4 Tim Mahasiswa Indonesia Siap Ikuti Kompetisi Debat Dunia

Ajang debat internasional WUDC digelar di Korea Selatan.

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi Debat
Foto: MGIT4
Ilustrasi Debat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia mengirim empat tim terbaik National University Debating Championship (NUDC) 2020 mengikuti debat tingkat dunia. Keempat tim ini berkesempatan ikut kompetisi debat pada ajang World University Debating Championship (WUDC) di Seoul, Korea Selatan 2021 mendatang.

Empat tim tersebut antara lain Universitas Tanjungpura dari Kalimantan Barat sebagai terbaik pertama, Universitas Gadjah Mada, DI Yogyakarta sebagai terbaik kedua. Selanjutnya, Universitas Tadulako, Sulawesi Tengah, dan Universitas Katolik Parahyangan, Jawa Barat sebagai terbaik ketiga.

Baca Juga

"Saya menghargai bahwa sekarang ada juara yang datang dari luar pulau Jawa. Ini menunjukkan bahwa pembangunan kita semakin merata dimana ada dua perguruan tinggi dari luar jawa dan dua perguruan tinggi dari jawa menjadi juara," kata Ainun Na'im Sekertaris Jenderal (Sekjen) Kemendikbud dalam keterangannya, Rabu (30/9).

Selain meningkatkan rasa percaya diri peserta, Ainun mengatakan, ajang NUDC ini penting karena berkaitan dengan keterampilan berbicara, berargumentasi, dan berdiskusi untuk menemukan sesuatu yang terbaik. "Skill  ini saya yakin akan menjadi bagian dari berkal yang penting bagi adik-adik mahasiswa untuk mengembangkan diri lebih lanjut dan berkarir dan nantinya berkontribusi dalam kehidupan masyarakat," ujar Ainun.

Seluruh tim mengikuti babak penyisihan. Tiga puluh dua tim terbaik akan melanjutkan ke octofinal rounds untuk diambil enam belas tim terbaik pada babak perempat final.

Selanjutnya pada perempat final diambil delapan tim terbaik yang akan melanjutkan debat pada semifinal. Empat tim terbaik yang berlaga pada grand final akan melaju pada ajang debat internasional WUDC di Korea Selatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement