Saturday, 14 Rabiul Awwal 1442 / 31 October 2020

Saturday, 14 Rabiul Awwal 1442 / 31 October 2020

Dorong Cinta Batik, Pertamina Gelar Kompetisi Foto Instagram

Rabu 30 Sep 2020 13:32 WIB

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Fuji Pratiwi

Sejumlah perajin mengerjakan pembuatan batik tulis (ilustrasi). Pertamina MOR IV menggelar kompetisi foto 'Batik Bareng BrighGas' guna menyabut Hari Batik Nasional.

Sejumlah perajin mengerjakan pembuatan batik tulis (ilustrasi). Pertamina MOR IV menggelar kompetisi foto 'Batik Bareng BrighGas' guna menyabut Hari Batik Nasional.

Foto: Antara/Arif Firmansyah
Kegiatan ini diharapkan turut membantu UMKM pengrajin batik.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Menyambut Hari Batik Nasional pada 2 Oktober, PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region (MOR) IV wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengajak masyarakat ikut melestarikan batik. Antara lain melalui kompetisi foto Instagram.

Kompetisi foto Instagram bertajuk 'Batik Bareng BrightGas' ini terbuka untuk masyarakat umum dengan persyaratan cukup mudah. Peserta hanya perlu foto bersama produk BrightGas dengan memakai atribut batik dalam bentuk apapun.

"Bisa berupa pakaian, masker, topi atau aksesoris lainnya dengan bahan kain batik,” ungkap Unit Manager Communication, Relations, & CSR Pertamina MOR IV, Anna Yudhiastuti dalam keterangan pers di Semarang, Jawa Tengah, Rabu (30/9).

Baca Juga

Anna menyampaikan, melalui ajang kompetisi ini, Pertamina berharap bisa mendorong kecintaan masyarakat terhadap batik, yang merupakan kekayaan budaya para leluhur bangsa Indonesia dan telah diakui sebagai warisan dunia.

Sebagai apresiasi kepada peserta, disiapkan hadiah menarik bagi para pemenang total senilai Rp 4 juta. "Kami menantikan ekspresi keceriaan dari para peserta yang mengenakan aneka ragam batik Indonesia," kata Anna.

Kegiatan ini, lanjut Anna, juga dimaksudkan untuk mendukung para pelaku UMKM pengrajin batik yang terkena dampak Covid-19 hingga saat ini. Selain juga sebagai ajang untuk memperkenalkan ragam produknya yang berkaitan dengan seni batik.

"Jadi sambil berkompetisi, para pelaku UMKM juga bisa memanfaatkan ajang kompetisi ini guna mempromosikan dan memperkenalkan produk-produk unggulannya yang menggunakan baham dasar batik," ungkap Anna.

Secara resmi, kata Anna, kompetisi foto Instagram bertema 'Batik Bareng BrightGas; tersebut telah dimulai sejak 28 September 2020 dan akan ditutup pada tanggal 1 Oktober 2020 mendatang.

Ada beberapa persyaratan dan ketentuan yang wajib dipenuhi oleh peserta. Seperti, telah me-follow akun sosial media Instagram milik Pertamina (@pertamina_mor4) dan juga telah memiliki akun dari aplikasi MyPertamina yang sudah teraktifasi.

"Adapun syarat dan ketentuan lebih lengkap kompetisi foto Instagram ini bisa dilihat akun instagram @pertamina_mor4," kata Anna.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA