Wednesday, 11 Rabiul Awwal 1442 / 28 October 2020

Wednesday, 11 Rabiul Awwal 1442 / 28 October 2020

Aa Gym: Dzikir Lahirkan Kebaikan dalam Hidup

Rabu 30 Sep 2020 12:48 WIB

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Esthi Maharani

Berdzikir. Ilustrasi

Berdzikir. Ilustrasi

Foto: Thoudy Badai/Republika
Memperbanyak dzikir sama dengan memperbanyak manfaat dan keuntungan bagi Muslim

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ustaz kondang Indonesia, Abdullah Gymnastiar, atau biasa dipanggil Aa Gym mengingatkan manfaat dzikir. Dalam Alquran, disebutkan memperbanyak dzikir sama dengan memperbanyak manfaat dan keuntungan bagi seorang Muslim.

"Rasulullah SAW pernah menyampaikan keutamaan dzikir di hadapan para sahabat. Rasul menyebut dzikir memiliki amal paling baik dan paling suci menurut Allah SWT," ujarnya dalam webinar dengan tema 'Keajaiban Dzikrullah Terhadap Imunitas Tubuh', yang digelar Kajian MQ Pagi, Rabu (30/9).

Ia menyebut dzikir merupakan ibadah yang mudah dan ringan. Sebagai bagian dari perintah Allah, dzikir merupakan kebaikan yang bila dilakukan dengan ikhlas dan istiqomah, nantinya melahirkan hal-hal baik dalam hidup.

Dalam HR Ahmad disebutkan, "Bersungguh-sungguhlah pada perkara-perkara yang bermanfaat bagimu, mintalah pertolongan kepada Allah dan janganlah kamu bersikap lemah".  

Mukmin yang beriman dan ikhlas merasa cukuplah Allah SWT bagi dirinya. Semakin ia ikhlas, dalam menjalani kehidupan pun ia akan semakin bersyukur dan sabar. Mukmin yang baik meyakini semua hal yang terjadi kepada dirinya sesuai dengan izin Allah SWT dan sudah terukur serta ada hikmahnya.

"Dzikrullah adalah kunci terpenting. Allah SWT menjamin, 'ingatlah kepada-Ku, maka Aku akan ingat kepadamu'," kata dia.

Hal tersebut tertulis dalam QS Al-Baqarah ayat 152, ""Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku".

Aa Gym menyebut dzikir merupakan bagian inti dari meningkatkan keimanan. Semakin umat Muslim mengingat Allah, semakin istimewa ia di mata Allah SWT. Hati dibuat tenang, ide gagasan melimpah.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA