Friday, 13 Rabiul Awwal 1442 / 30 October 2020

Friday, 13 Rabiul Awwal 1442 / 30 October 2020

Kronologi Vandalisme di Mushola Darussalam Tangerang

Rabu 30 Sep 2020 06:34 WIB

Red: Erik Purnama Putra

Vandalisme di Mushola Darussalam.

Vandalisme di Mushola Darussalam.

Foto: Istimewa
Pelaku perobekan Alquran sudah ditangkap kepolisian pada Selasa malam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Warga dikejutkan aksi pencoretan tembok, penyobekan kitab suci Alquran, dan pengguntingan sajadah di Mushola Darussalam RT 05 RW 08, Perum Villa Tangerang Elok, Kelurahan Kutajaya, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, Banten pada Selasa (29/9).

Republika mendapatkan kronologi insiden itu dan dibenarkan oleh Wakil Penerangan Kodam Jaya (Wakapendam) Letkol Audy Kumontoy. "Berita itu benar, untuk lengkapnya tanya ke Polres Metro Tangerang, karena sudah ditangani Polres Tangerang," kata Audy saat dikonfirmasi pada Rabu (30/9) pagi WIB.

Dalam kronologi yang diterima Republika, Pembantu Letnan Dua (Pelda) Kusdi dan Muhardinata mendapat informasi dari warga RT 05 RW 08 Villa Tangerang Elok tentang insiden yang terjadi di mushola pada pukul 15.30 WIB. Babinsa pun menyarankan agar masalah itu dilaporkan ke Polsek Pasar Kemis.

Kapolsek Pasar Kemis bersama anggota tiba di lokasi dan langsung olah tempat kejadian perkara (TKP) pada pukul 16.30 WIB. Mereka membawa barang bukti Alquran yang dicoret- coret, potongan Alquran yang disobek-sobek, potongan-potongan sajadah yang digunting, serta botol pilok bekas untuk menyemprot tembok.

Peristiwa itu pertama kali diketahui oleh Rifki Hermawan (16 tahun) yang sekira pukul 15.30 WIB, memasuki Musholla Darussalam untuk melaksanakan azan Ashar. Melihat kondisi mushola di tembok banyak coretan dan sajadah tergunting, serta banyak coretan di Alquran, Rifki langsung melapor Samsu Firman dan Suhadi. Keduanya pun menyegel pintu-pintu masuk mushola dengan tujuan mengamankan barang bukti.

Pukul 16.30 WIB, Kapolsek Pasar Kemis tiba di lokasi melakukan olah TKP dan mengamankan barang bukti. Polisi selanjutnya memerintahkan warga untuk membersihkan coretan pilok di tembok, lantai, dan kaligrafi. "Dan untuk selanjutnya proses ditangani Polsek Pasar Kemis," demikian kronologi peristiwa itu.

Malam harinya, pelaku sudah ditangkap oleh kepolisian.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA