Friday, 6 Rabiul Awwal 1442 / 23 October 2020

Friday, 6 Rabiul Awwal 1442 / 23 October 2020

Jangan Jadi  Mahasiswa Kupu-kupu dan Kura-kura

Rabu 30 Sep 2020 06:06 WIB

Red: Irwan Kelana

UBSI Kampus Tasikmalaya mengenalkan organisasi mahasiswa (Ormawa) kepada mahasiswa baru tahun kuliah 2020/2021.

UBSI Kampus Tasikmalaya mengenalkan organisasi mahasiswa (Ormawa) kepada mahasiswa baru tahun kuliah 2020/2021.

Foto: Dok UBSI
Bangunlah prestasi dengan mengikuti organisasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ada pesan menarik yang disampaikan oleh Staf Bidang Kemahasiswaan Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI),  Irwin Ananta, kepada para mahasiswa baru Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) tahun kuliah 2020/2021. 

Pesan tersebut adalah: Jangan jadi mahasiswa kupu-kupu dan kura-kura. Maksudnya adalah  jangan jadi mahasiswa yang kegiatannya hanya terpaku pada kuliah  pulang kuliah pulang (kupu-kupu) dan kuliah rapat kuliah rapat (kura-kura).

“Jangan menjadi mahasiswa kupu-kupu alias kuliah pulang kuliah pulang atau mahasiswa kura-kura alias kuliah rapat kuliah rapat. Tetapi. Bangunlah prestasi dengan mengikuti organisasi,”  kata Irwin Ananta saat membuka acara pengenalan organisasi mahasiswa (Ormasa) UBSI bertajuk “Generasi Kratif di Masa Pandemi” yang diadakan secara daring, Ahad (27/9/2020).

Dengan pernyataannya itu, Irwin ingin menegaskan bahwa para mahasiswa UBSI tidak hanya didorong untuk berprestasi dalam bidang akademik saja, tapi juga non-akademik dan berorganisasi.

“Ormawa menjadi suatu wadah bagi mahasiswa untuk dapat mengembangkan pola pikir dalam berorganisasi maupun dalam kehidupan sosial. Ormawa menjadi bagian penting dalam pengembangan aspek sosial mahasiswa. Karena bisa sebagai penyalur dan sarana mengembangkan bakat, minat, hobi, dan kemampuan serta mengasah kepekaan sosial,” ujar Irwin seperti dikutip dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Pada kesempatan tersebut, puluhan pengurus Ormawa yang hadir berasal dari sejumlah Himpunan Mahasiswa (HIMA), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) maupun Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), baik dari kampus Utama maupun PSDKU (Program Studi Diluar Kampus Utama) UBSI.

“Kegiatan ini sebagai ajang pengenalan Ormawa yang terdapat di seluruh kampus UBSI. Mulai dari visi misi hingga program kerjanya dibeberkan guna mendapatkan bibit-bibit penerus dari organisasi tersebut. Selain itu, mahasiswa yang aktif berorganisasi akan meningkatkan soft skill nya melalui manajemen waktu antara perkuliahan dan organisasi,” papar Irwin.

Ia menjelaskan bahwa ormawa UBSI banyak menorehkan prestasi di  antaranya hibah penelitian, kejuaraan taekwondo, futsal dan lainnya. Prestasi mahasiswa tidak hanya sebatas nilai akademik yang bagus, namun melalui bakat atau hobi yang disalurkan melalui organisasi juga dapat menjadi sebuah bentuk prestasi jika tetap diasah. 

“Era Revolusi Industri 4.0, mahasiswa akan dituntut untuk memiliki kemampuan problem solving, critical thinking, service orientation, negotiation dan lainnya, kemampuan itu semua dapat diperoleh apabila mahasiswa baru berpartisipasi dalam keorganisasian,” ujarnya. 

Kegiatan pengenalan Ormawa secara daring  dilaksanakan oleh seluruh kampus UBSI yang tersebar di berbagai kota.

Kegiatan tersebut mendapatkan respons positif dari para mahasiswa baru UBSI. Salah satunya adalah Taufiq Rahman Noor Roby, mahasiswa baru UBSI Kampus Tasikmalaya.

“Kegiatan pengenalan Ormawa ini cukup menghibur dan sangat membantu saya  dalam mengenal organisasi mahasiswa yang berada di kampus UBSI Tasikmalaya. Saya  jadi lebih tahu profil Ormawa yang ada di kampus UBSI Tasikmalaya dan berminat mengikuti salah satu Ormawa,” ungkapnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA