Selasa 29 Sep 2020 18:57 WIB

Kasus Mingguan Covid Naik, Jabar Jadi Penyumbang Terbanyak

Kasus mingguan Covid-19 Indonesia naik sebesar 16,4 persen.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Bayu Hermawan
Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito
Foto: ANTARA/Akbar Nugroho Gumay
Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan, kasus positif mingguan secara nasional mengalami kenaikan sebesar 16,4 persen dibandingkan pekan sebelumnya, yakni dari 26.314 menjadi 30.641 kasus. Ia mengatakan, penambahan kasus terbesar disumbang oleh Provinsi Jawa Barat yang sebanyak 1.726 kasus.

"Ini adalah angka yang besar dan signifikan terhadap angka kasus positif nasional," ujar Wiku saat konferensi pers di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (29/9).

Baca Juga

Satgas pun mencatat lima daerah dengan kenaikan kasus tertinggi per 29 September ini yakni Jawa Barat, DKI Jakarta, Kalimantan Timur, Sumatra Barat, dan Jawa Tengah. Wiku menyampaikan, kelima daerah itupun harus mendapatkan perhatian bersama agar bisa menurunkan jumlah kasus baru.

Sementara itu, Provinsi Banten, Sulawesi Selatan, Riau, dan Papua yang pada pekan lalu masuk dalam lima besar kenaikan kasus tertinggi, pada pekan ini berhasil menekan angka kasus positifnya. Ia pun mengapresiasi upaya pemerintah daerah tersebut dalam menekan angka penambahan kasus.

"Kami mohon agar dapat mempertahankan dan terus menekan angka kasus sehingga tidak ada kasus baru," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement