Thursday, 5 Rabiul Awwal 1442 / 22 October 2020

Thursday, 5 Rabiul Awwal 1442 / 22 October 2020

Lepas Martinez ke Aston Villa, Arsenal Dinilai Salah

Selasa 29 Sep 2020 18:54 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi

 Emiliano Martinez

Emiliano Martinez

Foto: AP/Tim Goode/Pool PA
Di Arsenal, Martinez memang diplot sebagai pelapis Leno.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Mantan kapten sekaligus bek tengah Arsenal, Tony Adams, mengkritik langkah manajemen The Gunners melepas kiper asal Argentina, Emiliano Martinez, ke Aston Villa di bursa transfer musim panas kali ini. Menurut Adams, Martinez sebenarnya lebih layak menempati posisi kiper utama The Gunners, ketimbang penjaga gawang asal Jerman, Bernd Leno.

Arsenal melepas Martinez ke Aston Villa dengan nilai transfer mencapai 20 juta poundsterling pada awal bulan ini. Penjaga gawang berusia 28 tahun itu memilih hijrah ke Villa demi mendapatkan status sebagai penjaga gawang utama dan tampil secara reguler. Di Arsenal, Martinez memang diplot sebagai pelapis Leno.

Peran ini pula yang dilakoni Martinez pada musim lalu. Namun, saat Leno mengalami cedera pada paruh terakhir musim lalu, Martinez ternyata mampu tampil apik. Bahkan, pemain yang menjalani masa peminjaman di enam klub berbeda itu dianggap sebagai salah satu aktor utama keberhasilan Arsenal merengkuh trofi Piala FA musim lalu lantaran tidak pernah absen di turnamen paling tua sejagat tersebut.

Performa apik Martinez itu pun berlanjut saat hijrah ke Aston Villa. Martinez berhasil mencatatkan clean sheet di dua laga awal Villa di Liga Primer Inggris musim ini. Pun saat menghalau tendangan penalti. Berkaca dari catatan penampilan ini, Adams menyebut, Arsenal telah melakukan kesalahan melepas Martinez.

''Performa Martinez di Piala FA musim lalu benar-benar sensasional. Bukan kebetulah, setelah 10 tahun membela Arsenal, dia memiliki kesempatan membuktikan kemampuannya. Semua seperti sudah ditakdirkan. Buat saya, dia layak menjadi kiper utama. Sekarang, mereka telah membuat keputusan dan lebih memilih kiper berpengalaman. Arteta juga telah menentukan sikap dengan memilih kiper yang berbeda,'' kata Adams seperti dilansir Metro, Selasa (29/9).

Bek tengah Arsenal kala merebut dua titel Liga Primer Inggris itu pun menilai, Martinez sebenarnya memiliki kemampuan yang lebih baik dibanding Leno. Martinez, kata Adams, lebih piawai dalam membaca arah bola ataupun memotong umpan silang tim lawan. Tidak hanya itu, Adams juga meragukan, Leno adalah kiper yang tepat untuk bisa membawa Arsenal finish di empat besar Liga Primer Inggris musim ini.

''Buat saya, Leno kerap kesulitan dalam menghalau serangan tim lawan. Namun, ini bukan tentang penilaian saya, Arteta yang memutuskan dan dia telah memillih Leno sebagai kiper utama Arsenal. Kendati begitu, saya ragu, Leno adalah kiper yang tepat untuk bisa membawa Arsenal finish di empat besar,'' tutur eks kapten timnas Inggris tersebut.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA