Selasa 29 Sep 2020 18:09 WIB

Wiku: Kasus Kematian Covid di 20 Daerah Lebih dari 100 Orang

Jawa Tengah masih termasuk lima besar kenaikan kematian yang tertinggi.

Rep: Dessy Suciati Saputri  / Red: Ratna Puspita
Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito
Foto: ANTARA/Akbar Nugroho Gumay
Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyebut terdapat 20 kabupaten kota yang memiliki angka kematian lebih dari 100 orang. Wiku pun meminta agar pemerintah daerah di wilayah tersebut memperhatikan penanganan covid di wilayahnya.

“Untuk menjadi perhatian masih ada sebanyak 20 kabupaten kota di Indonesia yang memiliki angka kematian lebih dari 100 orang,” ucap Wiku saat konferensi pers di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (29/9).

Baca Juga

Ke-20 daerah tersebut yakni Kota Surabaya, Kota Semarang, Jakarta Pusat, Sidoarjo, Jakarta Barat, Jakarta Timur, Kota Makassar, Jakarta Selatan, Kota Medan, dan Gresik. Selanjutnya yakni Jakarta Utara, Kota Palembang, Kota Balikpapan, Kota Malang, Kota Banjarmasin, Demak, Pasuruan, Kota Manado, Kota Mataram, dan Kudus.

“Kepada masyarakatnya kami mohon, jika mengalami gejala covid untuk dapat segera ke dokter dan dapat ditangani dengan segera sebelum gejalanya bertambah parah,” tambah Wiku.

Kendati demikian, Wiku juga menyampaikan terdapat 384 kabupaten/kota atau 74,7 persen dari 514 kabupaten/kota di Indonesia yang memiliki angka kematian sebanyak 1-10 kasus. Wiku pun mengapresiasi upaya pemerintah daerah yang mampu mengendalikan angka kematian tersebut.

“Karena setiap angka ini adalah nyawa dan kita harus betul-betul bisa menekan angka kematian ini dengan baik dan untuk itu kami mohon agar seluruh kabupaten kota mempunyai target yang sama, kalau bisa kematiannya 0,” ucapnya.

Ia menyampaikan Provinsi DKI Jakarta dalam sepekan terakhir berhasil menekan jumlah angka kematian. Sehingga, DKI Jakarta bersama Aceh, Sumatera Utara, dan Sumatera Barat pun tak masuk dalam lima besar daerah dengan kenaikan kematian tertinggi di pekan ini.

“Jika dibandingkan dengan minggu lalu, Jawa Tengah masih termasuk lima besar kenaikan kematian yang tertinggi. Sedangkan DKI Jakarta, Aceh, Sumatera Utara, dan Sumatera Barat sudah berhasil menekan angka kematiannya dalam sepekan,” ujar Wiku.

Dibandingkan pekan lalu, jumlah kasus kematian mingguan pada pekan ini pun mengalami kenaikan 0,2 persen dibandingkan pekan sebelumnya. Daerah Jawa Barat, Banten, Riau, dan Kalimantan Timur melaporkan mengalami kenaikan angka kematian yang cukup signifikan sehingga masuk dalam lima besar daerah dengan angka kematian tertinggi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement