Saturday, 7 Rabiul Awwal 1442 / 24 October 2020

Saturday, 7 Rabiul Awwal 1442 / 24 October 2020

Bisnis Restoran Indonesia Berpeluang Besar di Afrika

Selasa 29 Sep 2020 17:30 WIB

Red: Nora Azizah

Kuliner khas Indonesia banyak dicari di benua Afrika (Foto: Rendang salah satu masakan khas Indonesia)

Kuliner khas Indonesia banyak dicari di benua Afrika (Foto: Rendang salah satu masakan khas Indonesia)

Foto: Republika/Prayogi
Kuliner khas Indonesia banyak dicari di benua Afrika.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti, dan Uni Afrika, Al Busyra Basnur, mengatakan bahwa bisnis masakan Indonesia berpeluang masuk ke pasar benua tersebut. Pasalnya, kuliner Indonesia banyak dicari di Afrika. 

"Hal ini disebabkan antara lain, pertama, Indonesia dikenal luas dan sangat baik di Afrika, apalagi dikaitkan dengan Konferensi Asia Afrika di Bandung tahun 1955,” ujar Al Busyra dalam seminar virtual “Gastro Diplomacy Goes to Africa” pada Senin (28/9).

Faktor lain yang mendukung bisnis kuliner Indonesia di Afrika, menurut Dubes Al Busyra seperti disampaikan dalam keterangan tertulisnya, Selasa (29/9), yaitu keragaman etnis, budaya, dan makanan yang dimiliki masyarakat kedua pihak. Selain itu, kerja sama perdagangan antarnegara dan perusahaan Indonesia yang berinvestasi di Afrika terus berkembang yang mendorong semakin banyak orang Indonesia untuk bepergian, bekerja, dan hidup di Afrika.

Baca Juga

Al Busyra lmemaparkan bahwa tantangan utama yang dihadapi sekarang adalah sebagian besar orang Indonesia belum mengenal perkembangan terkini, potensi, dan peluang berbisnis makanan Indonesia di Afrika. Di benua dengan 55 negara dan penduduk 1,3 miliar jiwa, hanya terdapat empat restoran Indonesia, yaitu di Mesir, Afrika Selatan, Rwanda, dan Sudan.

"Sementara restoran dari berbagai negara lain seperti China, Jepang, Korea, India, Vietnam, Timur Tengah, Italia, dan Amerika Serikat, menjamur di Afrika,” tuturnya.

Ia menambahkan, tantangan lain yang dihadapi adalah transportasi bahan dan bumbu masakan Indonesia karena jarak Indonesia dan negara-negara Afrika cukup jauh dan frekuensi penerbangan masih terbatas. Namun, dengan Ethiopia, terdapat penerbangan langsung Addis Ababa-Jakarta, yang dilayani oleh maskapai Ethiopian Airlines.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA