Tuesday, 29 Ramadhan 1442 / 11 May 2021

Tuesday, 29 Ramadhan 1442 / 11 May 2021

Tokopedia Salam Catat Peningkatan Zakat Selama Pandemi

Selasa 29 Sep 2020 16:33 WIB

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Fuji Pratiwi

Head of Tokopedia Salam Garri Juanda (tengah). Tokopedia Salam mencatat peningkatan donasi dan zakat selama pandemi.

Head of Tokopedia Salam Garri Juanda (tengah). Tokopedia Salam mencatat peningkatan donasi dan zakat selama pandemi.

Foto: Republika/Prayogi
Transaksi zakat di Tokopedia Salam meningkat tiga kali lipat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tokopedia Salam mencatat peningkatan aktivitas selama pandemi, khususnya untuk donasi dan transaksi zakat, infak, sedekah, dan wakaf (ziswaf). Head of Tokopedia Salam, Garri Juanda mengatakan, Tokopedia Salam berkomitmen untuk memudahkan pemenuhan kebutuhan finansial masyarakat melalui satu platform.

"Terjadi peningkatan cukup signifikan selama pandemi, khususnya untuk donasi, juga zakat," kata Garri dalam Media Workshop Literasi dan Inklusi Perbankan Syariah dengan tema Bank Syariah dan Trend Halal Lifestyle di Indonesia, Selasa (29/9).

Sepanjang Februari dan Mei 2020, transaksi donasi di Tokopedia Salam meningkat sampai empat kali lipat. Total donasinya mencapai Rp 33 miliar. Sementara zakat meningkat tiga kali lipat dibanding tahun sebelumnya.

Baca Juga

Garri mengatakan, selain sebagai lokapasar (marketplace), ada tiga pilar kebutuhan yang disediakan oleh Tokopedia Salam, yakni pembayaran, pembiayaan, dan investasi. Tokopedia Salam bisa dimanfaatkan pengguna untuk transaksi secara halal dan aman.

"Kita juga jadi marketplace pertama yang terintegrasi dengan LPPOM dan BPJPH, sehingga bisa memilih produk yang sudah bersertifikat halal," kata Garri.

Garri mengatakan, Tokopedia Salam selalu terbuka untuk berbagai kolaborasi dengan pihak yang memiliki visi yang sama. Pengembangan UMKM halal menjadi salah satu misi untuk meningkatkan pemerataan ekonomi masyarakat melalui platform digital.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA