Saturday, 7 Rabiul Awwal 1442 / 24 October 2020

Saturday, 7 Rabiul Awwal 1442 / 24 October 2020

Ini 10 Doa Penting dalam Alquran

Selasa 29 Sep 2020 16:01 WIB

Rep: Zainur mahsir Ramadhan/ Red: Esthi Maharani

Alquran

Alquran

Foto: Republika/Agung Supriyanto
10 doa umum dan penting yang terdapat di dalam Alquran

REPUBLIKA.CO.ID, Alquran menyimpan banyak pelajaran hidup. Bahkan, tak jarang, cerita-cerita nabi dan doa yang kuat juga dicantumkan di dalamnya. Dikutip dari About Islam, Senin (28/9), berikut adalah 10 doa umum dan penting dalam Alquran

10. Doa untuk kesehatan.
Sebagai salah satu karunia terbesar dari Allah SWT, kesembuhan menjadi hal yang penting sekali. Untuk mensyukuri dan memintanya, surat Al Fatihah bisa menjadi rujukan untuk kesembuhan semua penyakit.

9. Doa untuk agar menjadi orang saleh.
Untuk memperbaiki diri agar lebih baik atau pantas menuju surga, doa ini memang dianjurkan. Surat di dalam Alquran yang merujuk pada hal itu adalah surat Al- A'raf ayat 47.

8. Doa untuk memperkuat iman
Serupa dengan memperbaiki diri, memperkuat iman dari godaan juga menjadi hal penting. Surat Ali Imran ayat 8 bisa untuk memperkuat iman kita.

7. Doa untuk kekuatan saat menghadapi kesulitan.
Kesulitan memang ujian dari Allah, namun untuk menemukan kekuatan dan kenyamanan menghadapinya maka surat Al-Baqarah 286 bisa membantu kita.

6. Doa untuk pasangan dan anak-anak yang baik
Kita pasti menginginkan pasangan dan anak-anak yang saleh. Karenanya, surat Al-Furqaan ayat 74 menjadi rujukan penting untuk memohon itu.

5. Doa untuk terhindar dari perbuatan buruk.
Doa untuk terhindar dari perbuatan buruk utamanya dari ketidaksopanan dan godaan seksual juga tercantum di dalam Alquran surat Al Imran ayat 193.

4. Doa untuk memohon pengampunan
Dalam Alquran jelas tercantum di surat Al-Anbiyaa’ ayat 87. Selain memohon pengampunan, doa itu juga bisa membantu kita pada Hari Penghakiman.

3. Doa untuk memohon berkah dari Allah Swt
Doa ini tercantum dan diulang di seluruh surat Al-Quran. Karena, kalimat Bismillahirahmanirahim berarti “Dengan menyebut nama Allah yang maha pemurah lagi maha penyayang”. Dengan membaca itu, nyatanya juga bisa menjadi doa untuk memohon keberkahan.

2. Doa untuk keselamatan dan keamanan
Membaca ayat Kursi atau surat Al-Baqarah ayat 255 bisa menjadi penolong agar diberi keselamatan dan keamanan  

1. Doa untuk akhirat. Iman pada hari akhir adalah rukun iman kelima. Dengan membaca surat Al-Baqarah ayat 201, kita memohon kepada Allah Swt untuk selamat dari api neraka.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA