Selasa 29 Sep 2020 16:00 WIB

Paul McCartney Kenang Awal Bikin Lagu Bareng John Lennon

Film dokumenter John Lennon at 80 akan diputar pada akhir pekan ini.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Museum The Beatles Story. Paul McCartney mengaku pengaruh John Lennon terasa saat ia mencipta lagu dan dia meyakini Lennon juga merasa sebaliknya ketika berkarya.
Foto: Republika/Sadly Rachman
Museum The Beatles Story. Paul McCartney mengaku pengaruh John Lennon terasa saat ia mencipta lagu dan dia meyakini Lennon juga merasa sebaliknya ketika berkarya.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Musisi Paul McCartney muncul sebagai salah satu orang yang diwawancarai dalam film dokumenter radio BBC untuk memperingati hari ulang tahun ke-80 mendiang John Lennon. Film dokumenter John Lennon at 80 akan disiarkan pada tanggal 3 dan 4 Oktober 2020 di BBC Radio 2 dan BBC Sounds dan dibawakan oleh putra Lennon, Sean Ono Lennon.

Dalam dokumenter itu, McCartney bercerita tentang bagaimana ia dan Lennon menjadi duet pengarang lagu untuk The Beatles. Dia kemudian ditanya apakah dia dan Lennon pernah menulis lagu-lagu yang tidak bagus atau langsung menulis lagu dengan bagus sedari awal berkarier.

Baca Juga

"Ada beberapa lagu yang tidak terlalu bagus. Itu jelas, karena pencipta lagu muda tidak begitu tahu bagaimana melakukannya. Pokoknya kami hanya melakukannya karena senang,” kata McCartney seperti dilansir NME, Selasa (29/9).

Di kesempatan lain, McCartney juga sempat mengungkap bahwa setelah The Beatles bubar, dia terus dipengaruhi oleh Lennon.

 

“Sejak The Beatles bubar kami tidak menulis bersama atau bahkan merekam bersama, saya pikir masing-masing dari kami mereferensikan yang lain. Jadi, ketika saya menulis sendiri, saya selalu terpengaruh John. Begitupun John, saya tahu dari laporan bahwa dia juga mengalami hal yang sama,” kata McCartney.

Band rock legendaris asal Inggris The Beatles bubar resmi bubar pada 31 Desember 1970. Setelahnya, setiap personel merilis karya solo, beberapa di antaranya berkolaborasi.

Selama mulai berkarier sejak 1960-an, band asal Liverpool Inggris ini telah merilis 13 album. Meski sudah bubar puluhan tahun lalu, fan dan pengagum The Beatles masih banyak hingga saat ini. Bahkan, The Beatles banyak dijadikan sebagai kiblat musik musisi era modern.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement