Wednesday, 11 Rabiul Awwal 1442 / 28 October 2020

Wednesday, 11 Rabiul Awwal 1442 / 28 October 2020

Kala Rasulullah SAW Bersihkan Sendiri Masjid dari Dahak

Selasa 29 Sep 2020 15:38 WIB

Rep: Muhyiddin/ Red: Nashih Nashrullah

Rasulullah SAW membersihkan sendiri masjid dari kotoran dahak. Rasulullah SAW (ilustrasi)

Rasulullah SAW membersihkan sendiri masjid dari kotoran dahak. Rasulullah SAW (ilustrasi)

Foto: Republika/Kurnia Fakhrini
Rasulullah SAW membersihkan sendiri masjid dari kotoran dahak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Para sahabat Nabi Muhammad SAW sangat memahami adab di masjid. Mereka berlomba-lomba memelihara kebersihan masjid. Karena itu, umat Islam tetap perlu memelihara masjid meskipun di masa pandemi Covid-19 ini.  

Dalam buku "115 Kisah Menakjubkan dalam Kehidupan Rasulullah SAW", Fuad Abdurahman menjelaskan, para sahabat berlomba-lomba memelihara masjid setelah suatu hari melihat Rasulullah SAW membersihkan dahak di masjid dengan ujung ranting.

Perisitiwa ini juga memberikan pelajaran bahwa Rasululah SAW adalah sosok yang tawadhu, berkenan membersihkan masjid sendiri.  

Baca Juga

عن أبي سعيد رضي الله عنه أن النبي صلى الله عليه وسلم رأى نُخَامَة في قِبلة المسجد ، فحَكّها بِحَصَاة

Lalu, Rasulullah meminta minyak wangi kepada yang hadir. Seorang pemuda kemudian memberikan parfum jenis khaluq, dan Rasulullah langsung memercikkannya ke bekas dahak tadi. 

عن أبي هريرة رضي الله عنه أن رسول الله صلى الله عليه وسلم رأى نُخَامة في قِبْلة المسجد ، فأقْبل على الناس ، فقال : ما بَال أحدكم يَقوم مُسْتَقْبِل رَبّه فيَتَنَخّع أمامه ؟ أيُحِب أحدكم أن يُسْتَقْبَل فيُتَنَخّع في وَجْهه ؟ فإذا تَنَخّع أحدكم فليَتَنَخّع عن يساره ، تحت قدمه ، فإن لم يَجِد فلْيَقْل هكذا . ووَصَف القاسم : فَتَفَل في ثَوبه ، ثم مَسَح بعضه على بعض

Setelah kejadian itu, Rasulullah SAW kemudian mengajarkan kepada umat Islam tentang cara mengatasi masalah mulut. "Siapa di antara kalian yang ingin dibelakangi Allah SWT?,” tanya Rasulullah SAW. 

Para sahabat pun diam karena terkejut mendengar pernyataan Rasulullah. Lalu mereka menjawab dengan tegas, "Tidak ada, wahai Rasulullah!" 

"Ingatlah," lanjut Rasulullah. "Ketika kalian berdiri sholat Allah SWT ada di hadapan kalian. Maka, jangan meludah ke depan dan ke kanan. Jika mendesak ingin  meludah, usapkah dengan pakaianmu, seperti ini...," kata Rasulullah sambil lalu melipat pakaian satu di atas yang lain.  

Kemudian, Rasulullah juga memerintahkan agar masjid diberikan harum-haruman dan dupa bakar, "Harumkanlah masjid kalian dengan asap dupa!"  

Selain itu, Rasulullah juga berpesan agar masjid dibersihkan dari kotoran seraya berkata, "Dipampangkan kepadaku seluruh pahala umatku, sampai pahala orang yang membuang kotoran dari masjid." 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA