Saturday, 14 Rabiul Awwal 1442 / 31 October 2020

Saturday, 14 Rabiul Awwal 1442 / 31 October 2020

Masyarakat Diminta Saling Ingatkan Penerapan Prokes Covid-19

Selasa 29 Sep 2020 01:31 WIB

Red: Bayu Hermawan

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sekaligus Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Doni Monardo

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sekaligus Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Doni Monardo

Foto: Antara/Aditya Pradana Putra
Ketua Satgas mengajak masyarakat saling ingatkan penerapan prokes Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan, masyarakat bisa berperan sebagai pahlawan kemanusian. Caranya dengan saling mengingatkan warga untuk menerapkan protokol kesehatan yang mampu mencegah penyebaran Covid-19.

"Mereka yang berani menyampaikan pesan untuk patuh pada protokol kesehatan sebenarnya adalah pahlawan-pahlawan kemanusiaan sama halnya seperti para dokter yang berjuang melayani pasien Covid-19 di rumah sakit," kata Doni Monardo dalam diskusi Satgas Penanganan Covid-19 di Graha BNPB, Jakarta pada Senin (28/9).

Menurut Doni, mengingatkan akan pentingnya protokol kesehatan seperti memakai masker dan menjaga jarak dilakukan demi kebaikan dan keselamatan bersama mengingat penularan Covid-19 terjadi antarmanusia. "Kita perlu saling mengingatkan kepada semua orang, kepada siapa saja termasuk orang-orang yang mungkin secara status sosial lebih tinggi dari kita," ujarnya.

Baca Juga

Pria yang menjabat sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) itu mengatakan, semakin banyak orang yang berani menyampaikan pesan saling mengingatkan kepatuhan protokol kesehatan maka akan semakin banyak pula masyarakat yang terhindar dari penularan penyakit yang menyerang sistem pernapasan itu.

Hal itu penting karena menurut survei Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan masih ada bagian masyarakat percaya mereka tidak akan tertular Covid-19, dengan 17 persen dari 90.967 responden survei BPS menyatakan sangat tidak mungkin atau tidak mungkin terinfeksi Covid-19.

Terkait hal itu, Doni berharap dengan semakin gencarnya sosialisasi dan edukasi yang dilakukan banyak pihak maka semakin banyak masyarakat yang sadar bahwa Covid-19 adalah ancaman yang nyata.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA