Senin 28 Sep 2020 20:07 WIB

Program Tani Pekarangan Tingkatkan Kemandirian Desa

Warga sudah mengawali program tani pekarangan sejak bulan Agustus 2020

Gerakkan Tani Pekarangan (ilustrasi)
Foto: Odesa Indonesia
Gerakkan Tani Pekarangan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Program tani pekarangan dapat meningkatkan kemandirian desa,

"Pada pandemi COVID-19, pangan merupakan kebutuhan masyarakat yang harus selalu terjaga ketersediaannya hingga skala rumah tangga dalam jumlah cukup dan aman untuk dikonsumsi, maka tani pekarangan merupakan program yang tepat dilaksanakan," kata Bupati Temanggung M. Al Khadziq, Senin (28/9).

Baca Juga

Ia menyampaikan hal tersebut pada Peringatan Hari Tani dan Pencanangan Gerakan Pemanfaatan Tani Pekarangan Kabupaten Temanggung di Desa Klepu Kecamatan Pringsurat. Acara diawali dengan panen hasil tani pekarangan dan penanaman pohon.

Dalam Program Tani Pekarangan (square food garden) ini sasarannya adalah rumah tangga miskin dan kelompok wanita tani.

Khadziq berharap masyarakat mulai memanfaatkan pekarangan melalui tani pekarangan sekecil apa pun itu, karena apabila pekarangan dimanfaatkan dengan baik akan dapat meningkatkan ekonomi dan mengurangi pengeluaran rumah tangga.

"Ayo kita tularkan program ini ke seluruh masyarakat Kabupaten Temanggung sehingga masyarakat tambah sejahtera," katanya

Kepala Desa Klepu Endro P. mengatakan warga sudah mengawali program tani pekarangan sejak bulan Agustus 2020 dan masyarakat sudah merasakan hasilnya dari bercocok tanam di pekarangan masing-masing.

"Mereka sudah bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari dari hahsil tani pekarangan sehingga dapat mengurangi pengeluaran rumah tangga," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement