Saturday, 7 Rabiul Awwal 1442 / 24 October 2020

Saturday, 7 Rabiul Awwal 1442 / 24 October 2020

Demi Bungkam Liverpool, Arteta Rela Ubah Gaya Main Arsenal

Senin 28 Sep 2020 17:30 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Pelatih Arsenal Mikel Arteta.

Pelatih Arsenal Mikel Arteta.

Foto: EPA-EFE/Tim Goode
Bentrok kedua tim akan terjadi pada pukul 02.00 WIB dini hari nanti.

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Pelatih Arsenal, Mikel Arteta, mengaku, siap mengubah gaya permainan The Gunners asalkan bisa meraih kemenangan atas tim-tim besar, termasuk Liverpool. Dengan gaya permainan pragmatis, The Gunners memang terbukti mampu mencuri kemenangan dalam dua bentrokan terakhir dengan juara Liga Primer Inggris musim lalu tersebut.

Kemenangan The Gunners di partai Community Shields via babak adu penalti, akhir bulan lalu, menjadi rekaman terakhir pertemuan antara kedua klub. Kemenangan itu pun memperpanjang rekor apik The Gunners tiap kali berhadapan dengan Liverpool. Sebelumnya, pada paruh kedua Liga Primer Inggris musim lalu, The Gunners sukses membungkam Liverpool, 2-1.

Kendati berhasil meraih kemenangan di dua laga tersebut, tapi Arsenal dinilai meninggalkan gaya permainan mereka, yang dikenal menerapkan sepak bola ofensif dan mengendalikan permainan. Di dua laga tersebut, Arsenal hanya tercatat mencatatkan penguasaan bola tidak lebih dari 40 persen. Pun dengan jumlah tembakan ke arah gawang, yang jauh tertinggal dibanding Liverpool.

Namun, Arteta mengaku tidak merisaukan pilihan gaya bermain tersebut, asalkan bisa meraih kemenangan saat menghadapi tim-tim besar di pentas Liga Primer Inggris. Pilihan gaya bermain tersebut, tutur pelatih asal Spanyol itu, merupakan bentuk adaptasinya guna meredam permainan tim-tim top. 

''Terkadang, keputusan-keputusan seperti itu terpaksa diambil oleh seorang pelatih, terutama saat menghadapi level permainan tim-tim papan atas. Di laga terakhir kontra Liverpool, kami terlihat bertahan dengan begitu dalam, hal yang jarang kami terapkan. Namun, kami harus menemukan skenario untuk bisa menang. Tugas saya adalah mengantarkan tim ini meraih kemenangan, dan saya harus menemukan jalan untuk meraihnya,'' tutur mantan asisten Pep Guardiola itu seperti dilansir FourFourTwo, Senin (27/9).

Bukan tidak mungkin, Arteta akan menerapkan pendekatan serupa saat timnya melawat ke markas Liverpool di Stadion Anfield pada pekan ketiga Liga Primer Inggris, Selasa (29/9) dini hari WIB. Di laga itu, tim asal London Utara itu didukung dengan rekor apik di dua bentrokan terakhir kontra tim asal Merseyside tersebut. Namun, Arteta menegaskan, laga itu akan berbeda dengan dua pertemuan sebelumnya. 

''Saya kira, laga berikutnya akan sangat berbeda dengan dua laga sebelumnya. Kami tahu, standar baru yang telah mereka terapkan di kompetisi ini. Belum lagi dengan konsitensi permainan mereka. Mereka bisa sangat dominan di semua aspek permainan. Karena itu, kami juga harus berada dalam kondisi terbaik agar bisa bersaing dengan mereka,'' kata mantan gelandang The Gunners tersebut.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA