Senin 28 Sep 2020 16:18 WIB

Enam Desa di Ciamis Dapat Kendaraan Maskara

Penyerahan kendaraan itu harus menjadi motivasi bagi desa lain untuk berprestasi

Rep: Bayu Adji P/ Red: Hiru Muhammad
Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menyerahkan kendaraan Maskara kepada enam desa di Kabupaten Ciamis, Senin (28/9).
Foto: Humas Pemkab Ciamis
Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menyerahkan kendaraan Maskara kepada enam desa di Kabupaten Ciamis, Senin (28/9).

REPUBLIKA.CO.ID,CIAMIS--Sebanyak enam desa yang dinilai mandiri dan berprestasi di Kabupaten Ciamis mendapat kendaraan Mobil Aspirasi Kampung Juara (Maskara) dari Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil. Kendaraan Maskara itu diserahkan langsung oleh Bupati Ciamis Herdiat Sunarya kepada enam desa tersebut di Pendopo Bupati Ciamis, Senin (28/9). 

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengatakan, penyerahan kendaraan itu harus menjadi motivasi bagi desa lain untuk memiliki kreasi dan inovasi. Sebab, hanya desa yang berprestasi yang diberikan bantuan mobil dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar.“Kita jangan cepat berpuas diri, inovasi dan kreasi terus dikembangkan. Mudah-mudahan desa lain bisa menyusul,” kata dia dalam keterangan resmi, Senin.

Menurut dia, dengan adanya kendaraan multifungsi Maskara, pemerintah desa dapat lebih maksimal memberikan pelayanan kepada warga. Selain itu, tugas para perangkat desa dalam memberikan pelayanan juga akan lebih mudah.

Ia menambahkan, mobil itu juga harus digunakan untuk sosialisasi kepada masyarakat, terutama dalam pencegahan penyebaran Covid-19. “Saya titip kepada kepala desa agar setiap ada kesempatan apapun, tolong sosialisasikan pencegahan Covid-19 dan jangan anggap remeh pandemi ini,” kata dia.

Herdiat mengingatkan, pemerintah desa harus memperhatikan agar pemeliharaan kendaraan Maskara, sehingga penggunaannya dapat terus optimal. “Tolong supaya supirnya khusus, jangan sampai setiap orang memakai terutama yang tidak sesuai kemampuannya, serta perawatan mobil agar diperhatikan secara rutin," kata dia.

Sementara itu, pelaksana tugas Kepala Dinas DPMD Ciamis, Ika Darmaiswara mengatakan, kendaraan Maskara yang diserahkan merupakan tahapan yang kedua. Pada tahun sebelumnya, sudah ada 11 desa yang diberikan bantuan mobil itu.

Pada tahun ini, enam desa yang mendapatkan kendaraan Maskara adalah Desa Ciherang di Kecamatan Banjarsari, Desa Cieurih di Kecamatan Cipaku, Desa Ciomas di Kecamatan Panjalu, Desa Kujang di Kecamatan Cikoneng, Desa Kadupandak di Kecamatan Tambaksari, dan Desa Situmandala di Kecamatan Rancah.

“Manfaat mobil Maskara ini adalah mobil angkutan untuk pertanian, jenazah, juga untuk acara hiburan atau panggung hiburan, terutama dalam rangka sosialisasi protokol kesehatan oleh desa, agar masyarakat betul-betul menggunakan protokol kesehatan," kata dia.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement