Senin 28 Sep 2020 17:04 WIB

NASA akan Luncurkan Pesawat Bawa Toilet ke Ruang Angkasa

Pesawat Cygnus akan membawa makanan segar, dan toilet ruang angkasa baru.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Toilet ruang angkasa.
Foto: nasa
Toilet ruang angkasa.

REPUBLIKA.CO.ID, VIRGINIA -- Pesawat ruang angkasa kargo pribadi akan lepas landas dari Virginia pada Selasa (29/9). Pesawat ini akan membawa ton makanan segar ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Peluncuran ini termasuk eksperimen ilmiah dari perawatan kulit dari Estée Lauder dan toilet ruang angkasa baru.

Misi tersebut dikenal Cygnus NG-14 yang akan mengirimkan kargo (3.458 kilogram) pada penerbangan ke-14 untuk pesawat ruang angkasa robotik Cygnus Northrop Grumman. Ini juga misi ke-13 untuk kapal penyuplai ulang menuju ISS.

Baca Juga

Cygnus akan diluncurkan di atas roket Antares pukul 10:27 malam waktu setempat dari Pelabuhan Antariksa Regional Atlantik Tengah di Fasilitas Penerbangan Wallops NASA, Virginia.

Northrop Grumman menamai pesawat ruang angkasa, Cygnus S.S. Kalpana Chawla untuk menghormati astronot Kalpana Chawla. Dia merupakan salah seorang dari tujuh astronaut yang meninggal dalam tragedi pesawat ulang-alik Columbia pada 2003 lalu.

"Umat manusia menghadapi banyak tantangan hari ini. Saya bangga menjadi bagian dari komunitas yang menerima tantangan secara teratur yang mengubah masalah menjadi solusi dan peluang menjadi kenyataan," kata Asisten Ilmuwan untuk Program Stasiun Luar Angkasa Internasional di NASA, David Brady pada Kamis (24/9) lalu.

Hampir 3.628 kilogram kargo yang dibawa ke luar angkasa oleh Cygnus akan mencakup persediaan kru. Bersamaan dengan eksperimen ilmiah, toilet luar angkasa yang diperbarui yang disebut Sistem Pengelolaan Sampah Universal. Kargo akan dikirim untuk mendukung kru Ekspedisi 64 di atas stasiun luar angkasa.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement