Senin 28 Sep 2020 14:51 WIB

PT KAI Daop 5 Luncurkan Kargo Lingkar Joglosemar

Diharapkan UMKM dapat memanfaatkan layanan ini.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Fuji Pratiwi
Pekerja menarik troli barang bermuatan buah jeruk sebelum dikirim ke Jakarta di Gudang Rail Express (ilustrasi). PT KAI Daop 5 mengoperasikan kargo pengiriman barang lingkar Joglosemar.
Foto: ANTARA/ARI BOWO SUCIPTO
Pekerja menarik troli barang bermuatan buah jeruk sebelum dikirim ke Jakarta di Gudang Rail Express (ilustrasi). PT KAI Daop 5 mengoperasikan kargo pengiriman barang lingkar Joglosemar.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Warga di wilayah Jawa Tengah, kini makin mudah dan cepat melakukan pengiriman barang di wilayah Jateng. Hal ini menyusul dioperasikannya kargo pengiriman barang lingkar Joglosemar, Senin (28/9).

Baca Juga

''Kargo untuk pengiriman wilayah lingkar Jateng ini, ditempelkan pada KA Joglosemar,'' kata Vice Presiden PT KAI Daop 5 Purwokerto, Sulistiyo.

Dia berharap, pengoperasian kargo lingkat Joglokerto ini bisa semakin memudahkan UMKM mengirimkan barang ke berbagai wilayah dengan cepat dan murah. ''Dengan demikian, aktivitas ekonomi masyarakat di Jateng juga bisa semakin meningkat,'' kata Sulistiyo.

Manajer Angkutan Barang PT KAI Daop 5 Aries Kusnandar, menyebutkan, layanan kargo dengan rutre lingkar Jateng sebenarnya sudah berlangsung sejak diluncurkannya layanan pengiriman barang Rail Express. ''Namun untuk pengiriman lingkar Jateng, rutenya harus memutar lebih dulu sehingga lebih lama,'' kata dia.

Misalnya, barang yang dikirim dari Purwokerto menuju Semarang, sebelumnya harus dilewatkan rute ke Cikampek dulu. Setelah itu, dipindah ke gerbong barang KA yang menuju Semarang. ''Waktu pengirimannya menjadi lebih lama. Dengan kargo Joglosemar, barang bisa langsung dikirim dari Purwokerto ke Semarang hanya dalam waktu 4,5 jam,'' kata Aries menjelaskan.

Seluruh jenis barang bisa dikirim dengan menggunakan Rail Express. Mulai dari dokumen hingga sepeda motor, bisa dikirimkan dengan menggunakan KA ke wilayah-wilayah yang terjangkau layanan KA.  Untuk sementara, hanya untuk pengiriman satwa saja yang belum bisa dilakukan. Namun ke depan, KAI juga akan melayani pengiriman satwa.

Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Supriyanto menyampaikan, pengiriman barang lingkar Joglosemar ini melayani rute sesuai KA penumpang Joglosemar yang dioperasikan. Antara lain, Solo Balapan, Klaten, Lempuyangan, Yogyakarta, Kutoarjo, Kebumen, Gombong, Kroya, Purwokerto, Tegal, Pekalongan, dan Semarang Tawang.

Tarif pengiriman barang dengan menggunakan kargo Rail Ekspress tergolong sangat murah. Untuk pengiriman rute jarak pendek seperti Purwokerto-Tegal, hanya dikenakan tarif Rp 500 per kg. Sedangkan ke Semarang, Rp 700 per kg.

Khusus transaksi hari Senin (28/9) atau bersamaan dengan HUT ke 75 PT KAI, Supriyanto menyebutkan, PT KAI memberikan diskon tarif cukup besar. Yakni, diskon 25 persen untuk layanan Rail Express ke seluruh relasi.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement